spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Rangkaian HUT Kaltim ke-67 Tahun, Pemprov Beri Apresiasi pada Kabupaten Kota dan Mitra Pembangunan

SAMARINDA – Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kalimantan Timur ke-67 tahun, Pemprov Kaltim memberikan berbagai penghargaan kepada Kabupaten dan Kota atas prestasi mereka dalam berbagai program pelayanan yang telah dijalankan.

Malam Ramah Tamah yang diselenggarakan di Plenarry Hall Samarinda, Jalan KH Wahid Hasyim Samarinda, pada Selasa, 9 Januari 2024, malam.

Asisten I Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, Syirajudin mengatakan bahwa malam ramah tamah merupakan bagian dari rangkaian pemberian penghargaan kepada kabupaten dan kota.

Kota Balikpapan sekali lagi menerima Penghargaan Panji Keberhasilan sepanjang tahun 2023. Penghargaan ini harus menjadi inspirasi bagi kabupaten dan kota lain untuk terus maju.

Iyat, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa di ulang tahun yang ke-67 ini, pembangunan harus lebih ditingkatkan untuk menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim juga terus ditingkatkan, terutama dalam meningkatkan daya saing.

“SDM kita sudah sangat baik, tinggal meningkatkan daya saingnya saja,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni mengatakan bahwa pada malam ramah tamah ini, semua penghargaan telah diberikan kepada kabupaten dan kota. Harapannya, hal ini akan menjadi evaluasi bagi setiap kabupaten dan kota di Kalimantan Timur.

BACA JUGA :  Komisi II Komitmen Terus Evaluasi BUMD

Selain itu, Sri juga menjelaskan bahwa pihaknya memberikan penghargaan kepada beberapa perusahaan yang mendukung penghijauan di Kaltim. Mereka juga membantu dalam program pengurangan emisi karbon. Perusahaan membantu mengembalikan produktivitas lahan kritis masyarakat.

“Perusahaan yang membantu kami patut diapresiasi, mereka turut mendukung program pemerintah,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa pada April 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menjadi tuan rumah South-South Knowledge Exchange (SSKE), yang merupakan inisiasi World Bank. Pihaknya akan memberikan kesempatan kepada perusahaan untuk berbagi pengetahuan mereka dalam pengurangan emisi karbon.

Selain itu, malam ramah tamah ini juga memberikan penghargaan kepada para penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui perusahaan dan individu yang taat pajak. Hal ini diapresiasi sebagai bentuk penghargaan terhadap kontribusi pembayar pajak dalam pembangunan Kaltim.

“Kami mengapresiasi kontribusi pihak ketiga yang telah mendukung program-program di Kalimantan Timur,” jelasnya.

Sri juga menjelaskan bahwa terdapat tren penurunan angka kemiskinan pada tahun 2024. Angka kemiskinan yang sebelumnya mencapai 6,11 persen akan diturunkan hingga 5 persen. Penurunan ini dicapai melalui berbagai program di Kaltim, termasuk penyediaan air bersih dan perumahan layak huni.

BACA JUGA :  Kembali Diterjang Banjir, DPK Kaltim Berharap Perhatian Terhadap Keselamatan Buku dan Fasilitas Perkantoran

“Menurut BPS (Badan Pusat Statistik), angka kemiskinan menurun, program Aladin (Alas, Atap, Dinding) sangat mendukung penurunan angka kemiskinan di 2024,” pungkasnya.

 

Penghargaan yang diberikan kepada kabupaten dan kota:

  1. Kota Balikpapan: Terbaik kedua, Top Digital Government Collaboration, dan 17 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, meraih panji keberhasilan paling banyak.
  2. Kota Samarinda: Terbaik kedua Top Digital Government Collaboration, 7 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) pasar terbaik dan ETPD transportasi terbaik.
  3. Kabupaten Kutai Kartanegara: Terbaik pertama Top Digital Government Collaboration, 13 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, dan ETPD terbaik dibidang kesehatan, Terbaik Kedua Pengelola Data Rencana Pengelola Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) kategori Kabupaten/Kota 2023.
  4. Kabupaten Penajam Paser Utara: Implementasi Penggunaan Modul Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) Terbaik, Kelompok Tani Peduli API (KTPA) Desa Labangka Biru dari Dinas Perkebunan Kalimantan Timur dan 1 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim.
  5. Kabupaten Paser: Meraih 6 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, Kelompok Tani Peduli API (KTPA) Desa Laburan dari Dinas Perkebunan Kalimantan Timur, Terbaik Ketiga Pengelola Data Rencana Pengelola Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) kategori Kabupaten/Kota 2023.
  6. Kota Bontang: Meraih 5 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim.
  7. Kabupaten Kutai Timur: Meraih 3 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, KTPA Desa Pelawan Kecamatan Sangkulirang dari Dinas Perkebunan Kalimantan Timur.
  8. Kabupaten Berau: Meraih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim, Terbaik Pertama Pengelola Data Rencana Pengelola Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (HAM) kategori Kabupaten/Kota 2023.
  9. Kabupaten Kutai Barat: Meraih 1 Panji Keberhasilan Pembangunan kabupaten dan kota Se Kaltim.
  10. Kabupaten Mahulu juga meraih 1 Panji Keberhasilan Pembangunan Kabupaten dan Kota Se Kaltim.
BACA JUGA :  Jhon Kenedy Digeser dari Ketua DPRD PPU, Begini Tanggapan Ketua Demokrat Kaltim

 

Pewarta: Nelly Agustina

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img