spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Produk Briket dan Teh Gula Aren Asal Paser Eksis di Indonesia Quality Expo 2023

PASER – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Buen Were mitra PT Kideco Jaya Agung tampil eksis menyuguhkan produk briket dan teh gula aren Paser pada Indonesia Quality Expo (IQE) 2023. Pameran tersebut digelar di Kota Balikpapan, selama 4 hari sejak Kamis hingga Minggu, 9-12 Desember 2023.

Adapun kegiatan itu diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) dalam rangka Bulan Mutu Nasional guna mendukung produk UMKM yang berdaya saing, memberikan perlindungan terhadap konsumen dan ber Standar Nasional Indonesia (SNI).

Ketua UMKM Buen Were, Arbani menyatakan, tentunya kesempatan ini memberi peluang para pelaku UMKM lokal agar dapat memasarkan produk yang dimiliki. Ia turut mengucapkan terimakasih, sehingga bisa terlibat pada kegiataan ini.

“Tentunya kami berterimakasih hingga dapat terlibat pada kegiatan kali ini. Harapannya produk UMKM dari daerah dapat dikenal secara luas berkat terselenggaranya event ini,” kata Arbani, Senin (13/11/2023).

Dijelaskannya, briket merupakan sebuah bahan yang dapat dibakar, sebagai bahan bakar untuk memulai dan mempertahankan nyala api. Briket asal Paser ini tak lain berguna sebagai bahan bakar untuk memasak makanan dan lainnya memanfaatkan sisa limbah batok kelapa.

BACA JUGA :  Aji Muhammad Jarnawi Nyatakan Diri Siap Maju Pilkada Paser 2024

Sementara teh gula aren, merupakan minuman teh yang menggunaan gula aren dengan kandungan vitamin B yang dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah supaya tetap stabil. Manfaatnya untuk dapat membersihkan ginjal atau mencegah penyakit ginjal.

Produk ini bahkan jadi terfavorit pada kesempatan tersebut. Dalam kesempatan itu, Arbani mengakui menerima saran dari Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disperindagkop UKM Provinsi Kaltim, Heni Purwaningsih, agar meningkatkan produksi dan menjaga kualitas agar produk briket mampu bersaing di pasaran.

“Kami juga ada terima saran agar meningkatkan produksi briket Paser dan Gula Aren agar bisa lebih dikenal lagi. Termasuk menjaga mutu produk khas Kabupaten Paser ini,

Produk UMKM Buen Were

Selain produk briket, UMKM Buen Were turut memajang produk lainnya, seperti jahe aren, jahe instan, vco minyak kelapa, kopi Uko, esa masin kripik pisang, keladi dan produk-produk makanan lainnya.

Diketahui, pada momentum IQE ini, turut menampilkan produk dan informasi tentang standardisasi dan penilaian kesesuaian SNI yang setiap tahun sekaligus memperingati Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional.

BACA JUGA :  Demokrat Belum Terbitkan Rekomendasi, Suhadak: Surat Tugas Bukti Keseriusan Figur

IQE juga dapat menjadi wadah mempertemukan pemangku kepentingan standardisasi di seluruh Indonesia untuk bertukar informasi, membuat kesepakatan, menampilkan produk unggulan dan/atau UMK pendukung, serta memanfaatkan peluang dan potensi yang ada.

Adapun rangkaian kegiatan IQE akan dimeriahkan dengan berbagai acara pendukung diantaranya, talkshow, sosialisasi terkait standardisasi, demo produk SNI, lomba-lomba Edukasi SNI, serta hiburan musik.

Pewarta : Bhakti Sihombing

Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img