Sabtu, Mei 15, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kaltim Jadi Lokasi Persemaian Modern di Indonesia

SAMARINDA – Kalimantan Timur menjadi satu dari beberapa provinsi yang akan melaksanakan persemaian modern. “Kaltim menjadi salah satu dari 6 lokasi persemaian modern di Indonesia. Diantaranya di Jawa Barat, Sumatera Utara, Labuan Bajo NTT, Mandalika NTB, Likupang Sulawesi Utara,” kata Muhammad Faisal Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim, Senin (5/4).

Lebih lanjut dijelaskan, lokasi persemaian modern IKN  akan dibangun di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur seluas 120 hektare dengan 3 jenis tanaman yang akan disemai.

Paska-kunjungan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya, ke Penajam Paser Utara Wilayah Ibu Kota Negara (IKN) pada Sabtu pekan lalu, dalam rangka percepatan  pembangunan persemaian modern di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. “Mungkin banyak masyarakat yang bertanya apa persemaian modern itu,” ungkap Faisal.

Dijelaskan, persemaian merupakan tempat atau areal untuk kegiatan memproses benih atau bagian tanaman lain menjadi bibit siap ditanam ke lapangan, dalam jumlah yang memadai, dengan ukuran yang relatif seragam, kualitas yang memadai dan dalam waktu yang tepat.

“Persemaian Modern Ibu Kota Negara guna memproduksi bibit tanaman yang berasal dari bahan generatif (benih). Memproduksi bibit tanaman yang berasal dari bahan vegetatif dengan cara stek, okulasi, sambungan. Menyediakan sarana tempat penelitian bidang perbenihan dan pembibitan tanaman hutan,” tambah Faisal.

Selain itu menyediakan sarana untuk pendidikan, latihan dan penelitian teknik memproduksi bibit tanaman yang berkualitas. Sebagai sumber benih aneka jenis tanaman konservasi lainnya dan sebagai sarana wisata pendidikan lingkungan bagi mahasiswa dan pelajar.

“Jenis tanaman yang diproduksi di Persemaian Modern IKN sebanyak 15 juta batang pertahun yang meliputi jenis tanaman kehutanan seperti Meranti, Ulin, Nyatoh, Mahoni, Bengkirai,” lanjut pria yang sebelumnya mengawali karier di Pemerintah Kota Samarinda ini.

Jenis Multi Purpose Tree Spesies (MPTS)  seperti durian, cempedak, mangga, tanjung, ketapang, kencana. Bibit ini akan digunakan untuk merehabilitasi hutan dan lahan yang di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, sserta untuk penghijauan lingkungan yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat. (dkm/red2)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengedar Ini Dibekuk saat Tidur Pulas, Sabu 5,68 Gram Jadi Bukti

0
BONTANG – Warga Kelurahan Gunung Telihan berinisial NT (38) diringkus jajaran Unit Opsnal Satreskoba bersama Tim Rajawali, Rabu (12/5/2021) sekitar pukul 07.00 Wita. Dia...

Kodim 0908 Bontang Gelar Salat Id, Terapkan Prokes Ketat

0
BONTANG – Kodim 0908/BTG menggelar Salat Id 1442 Hijriah secara berjemaah, Kamis (13/5/2021). Kegiatan dilaksanakan di lapangan Makodim 0908/BTG, Jalan Awang Long, Kelurahan Bontang...

Sabar Ya… Mahkota II Masih Ditutup, Alat Pemeriksa Retakan Jembatan Baru Datang 6 Pekan...

0
SAMARINDA - Jembatan Mahkota II masih harus ditutup hingga waktu yang belum diketahui. Keretakan pylon infrastruktur yang menghubungkan Kecamatan Palaran dan Sambutan di Samarinda,...

Bawa Nama Bontang di Kompetisi Makeup Kreatif, ‘Garuda Wisnu Kencana’ Karya Rere Dini Masuk...

0
BONTANG - Satu lagi talenta muda Bontang berhasil mengharumkan nama Kota Taman di kancah nasional. Dia adalah Rere Dini. Peraih juara harapan III di...

Duel Camat Tenggarong Vs Penambang Berujung Tersangka, Pemerintah Dinilai Lakukan Pembiaran, Warga Diminta Bertindak

0
TENGGARONG - Arfan Boma baru saja menunaikan salat zuhur ketika telepon genggamnya berdering. Camat Tenggarong itu segera menjawab panggilan. Di ujung sambungan, Ketua RT...