spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kaleideskop Capaian Pemkab Kukar 2023 – Januari (1)

TENGGARONG – Sejumlah pencapaian dan pekerjaan dilakukan oleh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Merealisasikan Visi Misi yang dijanjikan oleh pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kukar, Edi Damansyah-Rendi Solihin. Sebagaimana ditulis dalam Program Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Berikut beberapa pencapaian yang dikerjakan oleh Pemkab Kukar sepanjang Januari 2023.

  1. SERAHKAN 886 SERTIFIKAT PTSL KEPADA MASYARAKAT KELURAHAN LOA TEBU

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, menyerahkan 886 sertifikat tanah melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) kepada warga Kelurahan Loa Tebu. Pada Minggu (8/1/2023) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Loa Tebu.

Dari target 1.000 bidang tanah yang diajukan, masih tersisa 114 bidang tanah yang akan dikebut sepanjang 2023. Diantaranya terkendala berada di bantaran sungai, juga ada yang termasuk permukaan air jadi tidak bisa terlaksana.

Edi pun berharap kepada warga untuk bisa menyimpan dokumen bukti kepemilikan hak atas tanah tersebut. Disamping sebagai sarana permodalan bagi warga yang memiliki usaha dan memerlukan modal bisa dibawa ke perbankan sebagai agunan.

Kemudian dirangkai dengan penyerahan 2 unit kursi roda yang dianggarkan melalui Dinas Sosial Kukar. KepadaIbu Rabayah warga RT 06 dan Ibu Hami warga RT 20. Termasuk menyerahkan secara simbolis Program Pembangunan Rp 50 juta berbasis RT.

  1. TERIMA 2 PENGHARGAAN DARI GUBERNUR KALTIM

Raihan positif direngkuh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) di tingkat Kalimantan Timur (Kaltim). Yakni berhasil mengantongi dua penghargaan sekaligus. Masing-masing Terbaik II Pembangunan Daerah dan Top Digital Government Collaboration. Turut diserahkan pula satu unit alat perekaman KTP-el. Pada malam Ramah Tamah HUT ke-66 Pemprov Kaltim, di Plenary Hall Sempaja, Samarinda. Senin (9/1/2023).

Dalam Terbaik II Pembangunan Daerah, didalamnya Pemkab Kukar berhasil mendapatkan kategori pembangunan terbaik III bidang Keagamaan, Industri Kelautan dan Perikanan, Ketenagakerjaan, Pengelolaan Keuangan Daerah, Tim Penggerak PKK Berprestasi Kategori Kabupaten, Pemberdayaan Masyarakat dan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

BACA JUGA :  Berbagai Upaya Tekan Angka Inflasi, Distransnaker Kukar Siapkan Kegiatan Padat Karya

Kemudian terbaik II yakni bidang Kepariwisataan Kategori Kabupaten, Perkebunan, Koperasi dan UMKM, Perhubungan Kategori Kabupaten, Penyelenggaraan Penataan Ruang, Daya Saing Daerah, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Bidang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Daerah.

  1. BERHASIL MERAIH 8 PANJI KEBERHASILAN DARI GUBERNUR KALTIM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), dianggap sukses dalam menjalankan fungsi pemerintahannya. Ditandai dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengantarkan Pemkab Kukar, meraih Panji Keberhasilan dari Pemprov Kaltim.

8 Panji Keberhasilan yang diserahkan oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor dalam Upacara Peringatan HUT ke-66 Kaltim, pada Senin (9/1/2023) di Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda.

Adapun Panji Keberhasilan yang diraih Kukar yakni di Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Bidang Statistik, Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikulura, Bidang Kehutanan, Bidang Pembangunan Kesehatan, Bidang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bidang Kondusifitas Daerah, dan Bidang Ketertiban Umum Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat.

Tak hanya itu, untuk kategori Camat Berprestasi, Camat Anggana meraih posisi Terbaik III se-Kaltim. Tentunya, Sekkab Kukar, Sunggono mengatakan raihan Panji Keberhasilan yang diperoleh Kukar, diharapkan raihan tersebut menjadi pelecut semangat untuk bisa menjadi terus lebih baik di masa akan datang. Dengan harapan meraih Panji-Panji Keberhasilan lebih banyak di tahun berikutnya.

  1. BUPATI KUKAR SERAHKAN BANTUAN SEKTOR PERIKANAN

Sebanyak 396 nelayan dan pembudidaya ikan dari enam desa di Kecamatan Muara Kaman, mendapatkan bantuan sektor perikanan yang diserahkan langsung Bupati Kukar, Edi Damansyah. Pada Minggu (22/1/2023).

Yakni masing-masing 38 unit mesin ces kepada 38 orang nelayan kecil dan 15 perahu fiber panjang 8 meter untuk nelayan di Desa Rantau Hempang. 19 unit mesin ces beserta 6 perahu fiber, sedangkan untuk nelayan di Desa Benua Puhun 19 unit mesin ces dan 9 perahu fiber ukuran 8 meter.

BACA JUGA :  RAPBD Kukar 2023 Masih Tahapan Asistensi, Upaya Pengesahan Akhir November

Selanjutnya di Desa Muara Siran sebanyak 42 unit mesin ces, dan 13 perahu fiber. Dilanjutkan 23 unit mesin ces dan 8 unit perahu fiber untuk Desa Bukit Jering. Untuk Desa Muara Kaman Ulu, bupati Kukar menyalurkan 27 unit mesin ces, 160 rol kawat biawan. Terakhir, di Desa Muara Kaman Ilir, bupati Kukar menyerahkan 10 unit mesin ces dan 3 unit perahu fiber.

Dimana seluruh penerima bantuan dari 6 desa di Kecamatan Muara Kaman, berdasarkan data yang berasal dari keluarga pra sejahtera, dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Program Kementerian Sosial.

  1. BUPATI KUKAR RESMIKAN JARINGAN LISTRIK DI DUA KECAMATAN

Penekanan saklar listrik tandai warga Desa Muhuran sudah bisa menikmati listrik selama 24 jam penuh, dalam program Terang Kampongku. Penekanan tombol saklar dilakukan langsung oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah. Didampingi Camat Kota Bangun Mawardi dan Manajer PLN area Samarinda Nur Hakim, Jumat (27/1/2023).

Desa Muhuran menjadi 1 dari 17 desa di Kukar yang belum menikmati listrik PLN selama 24 jam penuh. Selama ini hanya memanfaatkan mesin genset desa berbahan bakar solar, untuk menerangi desa selama 5,5-6 jam sehari. Dimulai pukul 17.30-23.00 saja.

Selain Desa Muhuran dan Sebelimbingan di Kecamatan Kota Bangun. Juga ada Desa Teluk Muda dan Dusun Pandamaran di Kecamatan Kenohan yang ikut menikmati listrik 24 jam dari program Terang Kampongku.

DATA DAN FAKTA:

  1. Penyerahan sertifikat tanah program PTSL
  • Sebanyak 886 sertifikat diserahkan ke warga Kelurahan Loa Tebu dari total 1.000 usulan,
  • 114 usulan sertifikat dikejar pada 2023,
  • Terkendala tanah yg diusulkan berada di bantaran sungai,
  • Menjadi bukti kepemilikan tanah dan sarana permodalan ke perbankan
  • Turut serahkan bantuan 2 unit kursi roda dan penyerahan simbolis program Rp 50 juta per RT
  1. Terima 2 Penghargaan dari Gubernur Kaltim
  • Terbaik II Pembangunan Daerah tingkat Kaltim
  • Top Digital Government Collaboration
  • Dalam ramah tamah HUT ke-66 Pemprov Kaltim, Pemkab Kukar mendapatkan satu unit alat perekaman KTP-el
  1. Raih 8 Panji Keberhasilan dari Gubernur Kaltim
  • Yakni Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Bidang Statistik, Bidang Ketahanan Pangan dan Hortikulura, Bidang Kehutanan, Bidang Pembangunan Kesehatan, Bidang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Bidang Kondusifitas Daerah, dan Bidang Ketertiban Umum Ketenteraman dan Perlindungan Masyarakat.
  • Untuk kategori Camat Berprestasi, Camat Anggana meraih posisi Terbaik III se-Kaltim.
  1. Serahkan Bantuan Sektor Perikanan di Kecamatan Muara Kaman
  • Salurkan kepada 397 nelayan dan pembudidaya ikan di 6 desa,
  • Desa Rantau Hempang : 38 unit mesin ces dan 15 perahu fiber
  • Desa Benua Puhun : 19 unit mesin ces dan 9 perahu fiber
  • Desa Muara Siran : 42 unit mesin ces dan 13 perahu fiber
  • Desa Bukit Jering : 23 unit mesin ces dan 8 perahu fiber
  • Desa Muara Kaman Ulu : 27 unit mesin ces, 160 rol kawat biawan
  • Desa Muara Kaman Ilir : 10 unit mesin ces dan 3 unit perahu fiber
  • Penerima masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Program Kementerian Sosial.
  1. Bupati Kukar Resmikan Jaringan listrik di dua kecamatan
  • Resmikan listrik 24 jam di Desa Muhuran, setelah 77 tahun tidak menikmati listrik, hanya memanfaatkan genset desa yang menyala 5-6 jam per hari
  • Selain itu juga menyasar Desa Sebelimbingan di Kecamatan Kota Bangun. Serta Desa Teluk Muda dan Dusun Pandamaran di Kecamatan Kenohan,
  • Bagian dari Program Terang Kampongku
BACA JUGA :  DPMD Kukar Segera Tuntaskan 17 Desa dalam Program Terang Kampongku

Diolah : mediakaltim.com
Sumber foto : (Istimewa/KukarPaper)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img