spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gandeng Universitas Telkom, Pemkab Siapkan 20 Beasiswa Kukar Idaman

TENGGARONG – Sebanyak 20 warga Kutai Kartanegara (Kukar), akan menjalani proses pendidikan di Universitas Telkom, yang berada di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Setelah menjalin kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU), dengan salah satu universitas swasta terbaik di Bandung tersebut.

Perjanjian Kerjasama (PKS) sendiri ditandatangani langsung Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar, Sunggono. Setelah MoU disetujui oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, belum lama ini. Di mana pelajar asal Kukar yang telah menyelesaikan pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat, untuk menjalani program studi S-1 Informatika, Program Studi S-1 Teknik Telekomunilasi, dan Program Studi S-1 Sistem Informasi.

“Turunan dari MoU tersebut salah satunya dalam bidang SDM Informatika, dalam bentuk beasiswa kerja sama tematik, sebagai salah satu program dari Beasiswa Kukar Idaman,” ucap Dendy Irwan Fahriza, kabag Kesra Kukar.

Lebih lanjut, Dendy mengatakan bahwa bantuan dana pendidikan ini bersifat Beasiswa Tuntas 8 semester atau 4 tahun. Dan Kukar akan membiayai seluruh keperluan pendidikan 20 warga Kukar, selama menjalani pendidikan disana. Di antaranya, uang pendaftaran, uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan (UP3), Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2), Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP), Biaya Layanan Kesehatan.

Tidak hanya itu, Pemkab Kukar pun akan menanggung biaya hidup berupa uang saku per bulan, uang makan per bulan, dan biaya tempat tinggal. Dengan rincian untuk Prodi S-1 Informatika senilai Rp 230,6 juta, Prodi S-1 Teknik Telekomunikasi Rp 206,6 juta dan Prodi S-1 Sistem Informasi Rp 217,6 juta.

“Meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup, seperti uang makan, uang saku dan tempat tinggal di asrama,” lanjutnya.

Proses penjaringan pun sudah dilakukan sejak medio Juni 2023 lalu. Di mana sosialisasi Beasiswa Tuntas khusus di Universitas Telkom ini sudah disosialisasikan sejak bulan Mei 2023, di 20 kecamatan di Kukar.

“Insya Allah, lulusan dari beasiswa kerjasama ini akan direkrut oleh Diskominfo Kukar melalui open rekrutmen,” tutupnya.

Terpisah, Sekkab Kukar, Sunggono, mengatakan penandatanganan beasiswa tematik ini bertujuan untuk meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni untuk menunjang keberhasilan pengembangan dan peningkatan pembangunan daerah. Disamping untuk meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) Kukar.

“Mudah-mudahan nanti pada saatnya mereka ini bisa memenuhi kebutuhan SDM di bidang teknologi dan informatika yang ada di Kabupaten Kukar,” pungkasnya. (adv/afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img