spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bawaslu dan Media Kaltim Group Bersinergi Perkuat dan Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Pemilu

SAMARINDA – Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Media Kaltim Group dan  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Timur (Kaltim) pada 15 Agustus 2023 lalu, kini kedua belah pihak sepakat untuk menjalin kerjasama terkait publikasi kepemiluan. Utamanya, untuk memperkuat dan meningkatkat partisipasi masyarakat dalam  pengawasan pelaksanaan Pemilu  2024.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kaltim  Hari Derwanto dan CEO Media Kaltim Grup, Agus Susanto di Kantor Bawaslu Kaltim, pada Kamis (21/9/2023).

Penandatanganan Nota Kesepahaman  tersebut disaksikan oleh Ketua Bawaslu Bontang Aldy Artian, Koordinator Divisi Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Kaltim, Galeh Akbar Tanjung

Komisioner Bawaslu Kabupaten Edwin, Ahmadi dan Afifah. Sedangkan saksi dari Media Kaltim Group yakni Direktur Radar Media Adhi Abdhian dan Jurnalis Media Kaltim Hanafi.

Dalam kesempatan tersebut Galeh turut mengucapkan terima kasih kepada Media Kaltim Group dengan adanya kerja sama yang telah dibuat.

“Alhamdulillah kita sudah membuat MoU, artinya kita sama-sama memiliki peran dan kerjasama dalam pencegahan kecurangan pemilu, karena kita  akan bekerja dengan banyak pihak,” ucap Galeh.

Dia juga menyebutkan pentingnya kerjasama antara Bawaslu dengan media untuk mencerdaskan masyakat terkait pemilu.

“Media Kaltim  adalah  rekan dari Bawaslu  yang bisa mengedukasi masyarakat Kaltim seperti larangan terkait pemilu dan netralitasnya ASN, serta sosialisasi terkait tahapan-tahapan pemilu,” ujarnya.

Galeh berharap dalam pemilu ke depan,  masyarakat tidak lagi dijadikan sebagai obyek yang dimanfaatkan suaranya tapi lebih kepada subyek yang independen dalam memilih.

“Saya berharap masyarakat mampu menjadi subyek dan bukan obyek lagi. Saya  rasa Medialah yang bisa menjembatani terkait isu-isu kepemiluan agar tetap konsisten,” pungkasnya.

Ketua Bawaslu Kaltim  Hari Derwanto dalam sambutannya juga berharap pada perjanjian kerjasama ini akan memberikan kualitas dalam menyiarkan pikiran penyelenggara pemilu dengan media yang juga bisa menyiarkan lebih luas kepada masyarakat.

“Semoga dari kerjasama ini bisa membuat kualitas dalam menyiarkan pikiran, kita lebih dan lebih membumi apalagi Media Kaltim Group punya beberapa anak perusahaan. Kita  dimungkinkan untuk membawa pihak lain untuk  kerjasama ini dalam penyiaran segala kegiatan Bawaslu,” Ungkapnya.

“Semoga kerjasama ini bisa menjadi pemantik semua pihak untuk bekerjasama dengan semua mengatensi menjadi suatu gerakan pengawasan semesta kerjasama seluruh elemen termasuk diaspora Bawaslu sendiri. Apalagi  Kaltim masuk IPK 5 besar daerah rawan pemilu,” tambahnya.

Sementara itu, CEO Media Kaltim Group, Agus Susanto, juga menyambut baik adanya kerjasama ini dan berkomitmen akan mengerahkan 7 media yang ada di Media Kaltim Group.

“Kita memiliki 7 media, kita akan kerahkan dalam pemberitaan dengan jaringan kita yang tersebar di seluruh Kaltim,” ujar yang juga mantan anggota Bawaslu Bontang ini.

Setelah memberikan sambutan masing-masing pihak media Kaltim Grub  dan Bawaslu Kaltim kemudian melakukan penandatanganan kesepakatan dan pihak Media Kaltim Group memberikan souvenir baju HUT Media Kaltim ke-3 tahun.

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

16.2k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img