spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Wali Kota Basri Apresiasi Hari Bakti Dokter Indonesia, Beri Layanan Kesehatan Gratis untuk Warga Rusunawa

BONTANG – Wali Kota Basri memberikan apresiasi kepada IDI Bontang yang telah memberikan kontribusi positif dan membangun sinergi dengan Pemkot Bontang dalam bidang pelayanan kesehatan.

Menurut Basri, pemberian layanan kesehatan gratis kepada penghuni rusunawa merupakan komitmen dari para dokter yang sejalan dengan visi misi Kota Bontang yang Hebat dan Beradab.

“Saya atas nama Pemerintah mengapresiasi IDI Kota Bontang dalam melaksanakan tugas dan pelayanan kepada masyarakat dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis ini,” kata Basri yang hadir dalam kegiatan Hari Bakti Dokter Indonesia ke-115 yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Bontang, Minggu (11/6/2023) di Rusunawa Kelurahan Api-Api.

Basri mengatakan bahwa pemeriksaan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di Rusunawa. Dengan adanya layanan ini, deteksi dini terhadap penyakit dapat dilakukan dengan mudah.

“Dengan pemeriksaan kesehatan, kita dapat melakukan pencegahan lebih dini jika ada masyarakat yang kurang sehat,” ujar Basri.

Sementara, Ketua IDI Cabang Bontang, dr. Andi Anwar Arsyad, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian dari para dokter kepada masyarakat, khususnya warga Bontang yang tinggal di Rusunawa dan membutuhkan layanan kesehatan gratis.

BACA JUGA :  Kerap Transaksi Sabu di Rumah, Pemuda di Samarinda Diringkus Polisi

“Setiap tahun kita peringati pada tanggal 20 Mei yang juga bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional. Kami akan merangkainya dengan berbagai kegiatan hingga pada perayaan ulang tahun IDI di bulan Oktober,” kata dr. Anwar.

Dia menjelaskan bahwa Rusunawa dipilih sebagai lokasi binaan IDI Cabang Bontang. Para warga di sini akan mendapatkan pendampingan dan deteksi dini sebagai langkah pencegahan penyakit tidak menular, stunting, dan tuberkulosis.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan gula darah, hipertensi, asam urat, pemeriksaan lendir, dan pemeriksaan anak.

“Hari ini banyak dokter spesialis yang berpartisipasi. Terdapat empat dokter anak, dokter paru, dan dokter umum yang memberikan layanan kesehatan gratis,” ujarnya.

Anwar menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Hasil pemeriksaan akan dievaluasi untuk mengetahui persentase warga yang terkena penyakit tidak menular, stunting, dan tuberkulosis.

Hasil ini nantinya akan diserahkan ke Dinas Kesehatan sebagai basis data untuk perencanaan dan penanganan lebih lanjut.

Dokter Anwar berharap bahwa layanan kesehatan gratis ini menjadi momentum bagi para dokter untuk ikut berperan serta dalam membantu pemerintah dalam menyehatkan warga Bontang. (adv)

BACA JUGA :  Tak Terima Jalannya Dihalangi, Oknum Sopir Travel Gunakan Obeng untuk Pukul Pengendara Motor
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img