spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Support Produk Olahan Perkebunan, Disbun Kaltim Gelar Berbagai Program

SAMARINDA – Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Disbun Kaltim) berupaya aktif dalam pengembangan hasil komoditas perkebunan di wilayah Bumi Etam. Selain memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada kelompok tani dan pelaku perkebunan, Disbun Kaltim juga menjalankan berbagai program untuk meningkatkan hasil perkebunan pasca panen.

Sekretaris Disbun Kaltim, Surono, menjelaskan bahwa pihaknya memberikan fasilitasi dan pembinaan kepada Poktan (Kelompok Tani) dan pelaku usaha perkebunan di Kaltim. “Kami merancang program-program pembinaan yang mencakup proses pengolahan, promosi produk, dan peningkatan sumber daya manusia melalui bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan,” ujar Surono saat dihubungi pada hari Jumat (8/12).

Di samping itu, Marinda Asih Ramadhaniah, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran Disbun Kaltim, menyatakan bahwa mereka juga berupaya meningkatkan mutu hasil olahan komoditas perkebunan Kaltim. “Saat ini, kami menyediakan fasilitasi untuk meningkatkan status UMKM, termasuk pemenuhan izin legalitas produk yang dihasilkan dan pengujian laboratorium produk-produk tersebut,” ungkapnya.

Dalam rangka program pasca panen, Disbun Kaltim mengadakan pelatihan untuk anggota Poktan, yang mencakup bimbingan teknis mengenai tata cara pasca panen yang baik untuk berbagai komoditas perkebunan di Bumi Etam.

Marinda juga mencatat bahwa pihaknya memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha di sektor perkebunan. “Selain itu, kami bekerja sama dengan penyelia halal dari Universitas Mulawarman untuk memfasilitasi sertifikasi halal, dan kami juga menyediakan fasilitas uji laboratorium untuk produk-produk yang memenuhi standar nasional Indonesia (SNI), seperti kakao dan karet,” tambahnya.

Terakhir, dalam aspek pemasaran, Disbun Kaltim memiliki outlet Toko Kebun yang aktif mempromosikan dan menjual produk olahan perkebunan secara online melalui aplikasi Tokopedia. Selain itu, terdapat juga outlet fisik di kantor Disbun Kaltim Lantai 2. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img