spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sofyan Hasdam Khutbah di Depan Ribuan Warga Muhammadiyah dalam Salat Id di Sangatta

SANGATTA – Umat muslim Muhammadiyah di Kecamatan Sangatta Utara merayakan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah, hari ini atau Rabu (28/6/2023). Ribuan jemaah berdatanga untuk melaksanakan salat Id di area halaman depan Gedung BPU Kantor Camat Sangatta Utara.

Berdasarkan pantauan Radar Kutim di lokasi, ribuan jemaah sudah memulai Salat Id tepat pukul 07.00 Wita. Mereka pun tampak menyusun saf rapi. Di tengah sinar matahari pagi ini, ribuan jamaah tak mengurungkan niatnya untuk tetap melaksanakan salat Id.

Lantunan takbir dari khotib yang juga mantan Wali Kota Bontang Andi Sofyan Hasdam turut hadir di Sangatta. “Allahuakbar, Allahuakbar Allahuakbar walillaaa ilham,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andi Sofyan Hasdam mengajak agar jemaah salat Id meniru sikap Nabi Ibrahim As. Dia menyampaikan jika Ibrahim adalah salah satu tauladan yang baik bagi umat Islam.

mantan Wali Kota Bontang Andi Sofyan Hasdam

Ia menambahkan kisah ketaatan Nabi Ibrahim ketika hendak dibakar oleh tentara Raja Namrud. Saat itu, kata Andi, Nabi Ibrahim percaya jika Allah SWT akan memberikan keselamatan kepadanya. “Lalu Allah SWT perintahkan agar api untuk menjadi dingin,” sebut Andi.

BACA JUGA :  Gelar Open House, Bupati Ardiansyah Pererat Kebersamaan bersama Masyarakat

Nah, kisah ini menjadi salah satu mukjizat Nabi Ibrahim. “Dari kisah ini, umat Islam dapat mengambil contoh tentang nilai tauhid dari diri Ibrahim,” bebernya.

Andi pun melanjutkan, kisah Ibrahim yang lain adalah hendak menyembelih Ismail yang merupakan anaknya. Hal itu dia lakukan atas perintah Allah SWT.

“Anaknya itu kemudian diganti dengan seekor kibas yang besar. Ini menjadi contoh bagi kita hingga saat ini,” sebutnya.

Sebagai informasi, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 28 Juni 2023 sebagai Hari Raya Iduladha 1444 H melalui maklumat bernomor 1/MLM/1.0/E/2023 yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pada 21 Januari 2023 di Yogyakarta.

Sementara itu, pemerintah menetapkan Hari Raya Iduladha pada Kamis, 29 Juni 2023. Adapun cuti bersama terkait Hari Raya Iduladha ini jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023 dan Jumat, 30 Juni 2023.

Hal itu ditetapkan pemerintah melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia.

Dalam keputusan tersebut, pemerintah mengubah cuti bersama tahun 2023 sehingga Lampiran Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. (rkt1)

BACA JUGA :  Antisipasi PMK, Distan Kutim Gencarkan Surveilans dan Sanitasi Kandang
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img