spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seno Aji Sosialisasikan Perda Bantuan Hukum

KUKAR– Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji, menggelar sosialisasi Perda (Sosper) Provinsi Kalimantan Timur Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bantuan Hukum, di pendopo desa Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang, Jum’at(24/2/2023) siang.

Seno Aji mengatakan Perda diharapkan dapat  membantu masyarakat yang tidak mampu yang tersandung masalah hukum. Sebagaimana yang diatur dala Perda ini, masyarakat miskin bisa mendapatkan bantuan hukum dari organisasi atau lembaga hukumsecara gratis.

“Di Kukar sendiri ada LBH  yang bisa menerima keluhan aduan masyarakat tentang perkara hukum. LBH tersebut sudah menjadi fasilitas untuk masyarakat secara gratis, karena LBH sudah mendapat pembiayaan melalui APBD,” ucap legislator karang paci ini.

Ia berharap, masyarakat bisa memahami hak untuk mendapat bantuan hukum melalui LBH, sehingga setiap persoalan hukum bisa diadvokasi.

Seno Aji sangat berharap dengan terus digelarnya sosperda Bantuan Hukum agar masyarakat dapat memanfaatkan LBH LBH yang telah berkompeten guna menyelesaikan kasus hukumnya jika tersandung masalah hukum tentunya bagi masyarakat yang telah memiliki E-KTP Kaltim.

BACA JUGA :  Bayan Siapkan 50 Juta Dolar AS, Bangun Jalan Aspal 100 Km Hubungkan Kukar dan Kubar

“Sebab, persoalan lahan itu yang notabene dikatakan warga sering digarap oleh pihak lain ataupun kasus lainnya itu yang menjadi masalah, tapi mereka sering tidak tahu penyelesaian hukum harus ditindak seperti apa, karena warga hanya tahu masalah hukum harus diselesaikan dengan bantuan advokat dan mengeluarkan biaya,” jelasnya

“Inilah fungsi kita hadir ditengah tengah masyarakat khususnya warga desa Bangun Rejo agar paham bagaimana alur dan regulasinya agar mendapatkan bantuan hukum dari LBH yang telah ditunjuk pemerintah membantu masyarakat kurang mampu ketika tersandung masalah,” pungkasnya.(eky/rls)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img