spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

RSUD Bontang Memiliki Fototerapi Ganda

BONTANG – Saat ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang satu-satunya yang telah memiliki alat fototerapi dua sisi atau ganda. Alat ini lebih efektif dari pada fototerapi tunggal untuk menangani bayi dengan berat badan lahir rendah, dan lebih berguna untuk menurunkan kadar.

Selain itu,  dengan fototerapi ganda ini prosesnya proses peningkatan bilirubin serum juga dapat lebih cepat jika dibandingkan fototerapi tunggal.

Tri Ratna Paramita, selaku Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik menjelaskan awalnya rumah sakit ini memakai fototerapi tunggal. Namun, membutuhkan waktu minimal selama dua hari. Jika memakai fototerapi ganda, akan menjadi cepat dan tidak membutuhkan waktu lama.

“Untuk alat medis fototerapi dua sisi, atau ganda baru di RSUD saja yang memiliki, dimana hasil lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama,” terangnya, Senin (30/10/2023).

Fototerapi atau terapi sinar adalah salah satu metode perawatan yang umum dilakukan untuk menangani kondisi bayi kuning. Berubahnya warna kulit bayi menjadi kuning sering kali disebabkan oleh peningkatan kadar bilirubin.

BACA JUGA :  Perayaan HUT ke-21 RSUD Taman Husada Bontang, Momen untuk Peningkatan Pelayanan

“Sakit kuning atau dalam istilah medis disebut jaundice bisa terjadi pada siapa saja, termasuk bayi. Kondisi bayi kuning dapat menyebabkan kulit dan bagian putih mata (sklera) pada bayi tampak kekuningan,” tutupnya. (dwi/adv)

Pewarta : Dwi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img