spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Komite Medik RSUD Taman Husada Bontang Tegakkan Profesionalisme Dokter

BONTANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Kota Bontang memiliki komite medik RSUD Taman Husada Bontang. Di mana tugas komite medik untuk menegakkan profesionalisme pada semua dokter di bidang masing-masing.

Sekretaris Komite Medik, dr. Shinta Fithri Hayati Azis, Sp.N menjelaskan tugas dan wewenang komite medik di rumah sakit yakni menegakkan profesionalisme baik dokter umum maupun dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit. Selain itu, tugas lainnya adalah  melakukan kredensial atau rekredensial untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki dokter umum dan dokter spesialis.

“Tugas komite medik salah satunya melakukan kredensial terhadap dokter umum atau dokter spesialis yang baru masuk di rumah sakit dan rekredensial kepada dokter lama yang biasanya dilakukan tiga tahun sekali atau dokter spesialis baru yang melanjutkan pendidikan untuk update kompetensi. Tugas lainnya komite medik juga menjaga etika profesionalisme dari dokter umum dan spesialis,” kata dr. Shinta, Rabu (15/5/2024).

Shinta juga mengatakan dalam hal wewenang, komite medik juga dapat mengakomodir apabila ada masukan untuk manajemen hingga ketika ada perselisihan.

BACA JUGA :  Tingkatkan SDM, RSUD Bontang Gelar Pelatihan ENIL bagi Perawat dan Bidan

“Komite medik juga mengakomodir dan memfasilitasi ketika ada permasalahan pada dokter. Ketika ada perubahan aturan atau regulasi akan melibatkan komite medik dalam mengambil keputusan karena dokter dan dokter spesialis yang langsung menjadi sumber layanan,” jelasnya.

Adapun kelebihan komite medik sebagai menjaga memperbarui keilmuan masing-masing, ternyata komite medik juga memiliki program seperti morning meeting untuk mengetahui permasalahan kasus-kasus pasien.

“Ada program visite besar yang juga membahasa kasus-kasus kompleks yang besar yang membutuhkan perawatan lanjutan atau tindakan lanjutan. Ada juga program medical conference untuk update penanganan baru di bidangnya setiap dokter, dan mengakomodir ketika audit medik atau audit klinis,” ungkapnya.

Selanjutnya, dr. Shinta berharap komite medik ke depannya dapat terus melaksanakan dan menegakkan profesionalisme dalam bidangnya masing-masing dari dokter umum sampai dokter spesialis.

“Tujuan diadakan komite medik tercapai yaitu menjaga profesionalisme dari dokter sesuai dengan keahliannya masing-masing. Menjaga kekompakan dan kebersamaan kepada semua dokter,” terangnya. (adv/yah)

Penulis: Yahya Yabo
Editor: Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img