spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Puncak Hari Relawan PMI, Bupati Kukar Serahkan 20 Unit Ambulans untuk 20 Kecamatan

TENGGARONG – Puncak Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) tahun 2023, ditandai dengan upacara yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Kukar, pada Selasa (26/12/2023). Di mana diikuti sekitar 1.200 peserta, yang berasal seluruh relawan di Kukar.

Di antaranya, Korps Sukarela (KSR) PMI Kukar di 20 kecamatan, organisasi relawan, organisasi pemuda, Pramuka Peduli, Balakarcana dan relawan dari beberapa sekolah di Kukar. Juga peserta Youth Red Cross Competition (YRCC) yang berasal dari 38 sekolah tingkat SMP dan SMA.

“Upacara Hari Relawan PMI di Halaman Kantor Bupati, yang akan menggabungkan 2 kegiatan, yakni Temu Relawan dan YRCC,” ujar Ketua PMI Kukar, Ismed, Selasa (26/12/2023).

Lebih istimewanya, Upacara Hari Relawan PMI Kukar, ini pun dirangkai dengan pembagian satu unit mobil ambulans untuk masing-masing PMI Kecamatan, oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah. Dengan total sebanyak 20 kecamatan yang disasar.

Dijelaskan Ismed, pembagian mobil ambulans menjadi komitmen bupati Kukar sebagai Pelindung PMI Kukar dan menindaklanjuti keinginan para relawan dan PMI kecamatan di lapangan. Tidak butuh waktu lama, keinginan ini pun langsung direspon dan diserahkan ke masing-masing PMI kecamatan.

“Ini wujud komitmen bupati dalam pengembangan PMI di Kukar,” lanjut Ismed.

Diketahui, rangkaian Hari Relawan PMI di Kukar dilaksanakan selama dua hari. Yakni pada tanggal 25-26 Desember 2023. Pada Temu Relawan yang digelar pada Senin (25/12/2023) malam, diikuti 700 peserta yang berasal dari Korps Sukarela (KSR) relawan dari 20 kecamatan, organisasi relawan, organisasi pemuda, Pramuka Peduli, Balakarcana dan relawan dari beberapa sekolah di Kukar.

Turut hadir Bupati Kukar, Edi Damansyah, ketua PMI Kalimantan Timur (Kaltim), ketua PMI Kabupaten Bogor. Dimeriahkan oleh relawan PMI Bogor, Alfiansyah “Komeng” dan Gunandi Salam “Rudi Sipit”.

“Temu Relawan ini ditargetkan sebanyak 500 orang, setelah update data yang datang mencapai 700-an orang. Artinya keinginan relawan untuk silaturahmi tinggi,” ujar Ketua PMI Kukar, Ismed.

Ismed pun menambahkan, momentum Hari Relawan PMI Kukar ini, mampu menyatukan semangat dan mindset seluruh relawan di Kukar. Meski berbeda latar belakang dan bendera relawan, namun tetap solid dan siap turun ke lapangan dengan berbagai situasi dan kondisi.

“Artinya relawan di Kukar itu harus solid,” tutup Ismed.

Ditempat terpisah, PMI Kukar juga diketahui menggelar Youth Red Cross Competition (YRCC) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Tenggarong. Yakni kompetisi bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR). Diikuti oleh 478 peserta dari 38 sekolah tingkat SMP dan SMA di Kukar.

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img