spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PT KNI Bangun Gedung BCH, Diresmikan Langsung Kepala Perpustakaan Nasional RI

BONTANG – PT KNI bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Bontang. Bentuk kerjasama itu untuk mewujudkan Program Investasi Komunitas bernama Gedung Bontang Creative HUB atau BCH. Peresmiannya berlangsung di Gedung DPK Bontang, Jum’at (13/10/2023).

Senior Site Manager PT KNI, Bakat Subroto Hadi mengatakan, dibangunnya BCH sebagai salah satu wujud komitmen perusahaan terhadap perkembangan Bontang, dalam hal literasi.

“BCH merupakan ruang bagi beragam aktivitas kreatif masyarakat Kota Bontang. Dibangun berlantai dua dengan konsep infrastruktur yang modern. Pembangunan ini, anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp 2,4 milyar,” paparnya.

Melalui program inklusi sosial tersebut, perpustakaan ini tidak hanya menjadi pusat literasi saja, namun turut menjadi wadah bagi pariwisata dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam mengembangkan usaha.

“Pembangunan BCH berjalan dengan visi dan misi pemerintah, dan bangunan ini fasilitas untuk publik. Masyarakat yang ingin menggunakannya tidak perlu membayar, hanya saja tau, bagaimana teknis penggunaan gedung. Kami masih menyiapkan aturannya,” ucapnya.

Kota Bontang dalam perkembangannya sampai saat ini, memiliki keunggulan berupa akumulasi generasi produktif, dua di antaranya adalah generasi Milenial dan generasi Z. Untuk mengembangkan potensi kedua generasi tersebut, maka sangat dibutuhkan berbagai sarana dan prasarana produktif untuk menyalurkan dan mengarahkan mereka pada aktifitas positif yang diperlukan oleh Generasi Milenial kita ini.

“Sebuah Sarana yang diharapkan akan meningkatkan minat membaca bagi generasi muda dan sekaligus menjadi wadah kreatifitas resmi bagi kegiatan kegiatan remaja di Kota Bontang.

“Alhamdulillah, setelah ground breaking semenjak November 2022 lalu, hari ini Gedung BCH berhasil berdiri. Akan diresmikan bersama-sama, dan merupakan kehormatan bagi kami dalam acara ini bisa dihadiri langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Syarif Bando dan Wali Kota Bontang kita tercinta”, paparnya.

Perlu diketahui, sejalan dengan proses pengembangan semenjak gedung ini dibangun. PT KNI telah secara bertahap membina beberapa komunitas lokal yang kelak akan diwadahi oleh BCH ini. Salah satunya adalah kegiatan pembuatan Batik Sampoang, kegiatan ini merupakan aktifitas baru di Kota Bontang yang dibina untuk menghadirkan Batik Lokal Khas Bontang di pasaran.

Ada juga aktifitas komunitas design grafis di SMA Negeri 2 Kota Bontang yang dibina bersama DPK, untuk menciptakan design batik yang kreatif dan memiliki nilai seni tinggi bermotif kalimantan.

“Kami berharap tentunya dalam perjalanannya ke depan, BCH tidak hanya akan berdiri sebagai sebuah bangunan biasa saja, melainkan akan menjadi icon wadah baru di Kota Bontang, yang dapat mencerminkan kemajuan intelektual masyarakat kota Bontang dan bisa menjadi percontohan atau mempelopori bagi daerah lain dalam upaya membangun infrastruktur penunjang pendidikan kegiatan remaja kota lain di Kalimantan Timur pada khususnya,” bebernya.

Bakat juga menambahkan, dalam kesempatan ini tentunya sekali lagi menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkot Bontang atas terjalinnya kolaborasi yang baik ini. Harapannya ke depan, mari bersama-sama mendukung potensi BCH sebagai legacy PT KNI di Pemkot Bontang, demi bisa mewujudkan inklusi sosial yang berbasis pada pengembangan komunitas.

Sementara itu, Muhammad Syarif Bando, Kepala Perpustakaan Nasional RI sangat mengapresiasi sebesar-besarnya kepada PT KNI yang telah membantu masyarakat di Kota Bontang, dengan memfasilitaskan ruang yang sangat nyaman, dan aman. Dengan hadirnya BCH di Kota Bontang sebagai salah satu simbol kerja sama yang nyata antara pemerintah dengan perusahaan.

“Ini sangat luar biasa, wujud nyata keseriusan pemerintah dan perusahaan telah menyediakan fasilitas untuk mengembangkan SDM,” katanya.

Wali Kota Bontang, Basri Rase juga menyampaikan, bahwa dengan adanya bangunan fasilitas publik tersebut, sangat mampu membuat para generasi muda Kota Bontang yang kreatif, aktif, dan mampu berdaya saing, untuk tenaga kerja yang semakin kompetitif.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada PT. KNI atas komitmennya yang ikut serta dalam memajukan Kota Bontang Ini. Semoga kerja sama ini tidak terputus sampai di sini, akan tetapi tetap terus berjalan hingga sampai berkelanjutan. Baik itu di bidang ekonomi, sosial, maupun pendidikan,” tutupnya. (adv)

Penulis: Dwi S
Editor: Yusva Alam

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img