spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program GeGas Mitra KPI Berdaya Fokus Pemeriksaan Ibu Hamil dan Pemberian Makanan Tambahan

BONTANG – Program Gerakan Cegah Stunting (GeGas) Mitra KPI Berdaya saat ini sudah sampai pada tahap evaluasi. Yaitu pemeriksaan rutin kepada dokter spesialis obgyn untuk memeriksakan kesehatan sang ibu juga janin. Pemeriksaan ini dilakukan di RSUD Taman Husada Bontang, Jum’at (1/7/2022).

Tim CSR PT KPI Merry Manalu, mengungkapkan para ibu hamil ini sebelumnya telah melalui proses pemriksaan di puskesmas wilayah Kecamatan Bontang Barat dan hasilnya memiliki risiko anemia dan Kekurangan Energi Kronis (KEK).

Terkumpul sebanyak 15 ibu hamil yang mendapatkan bantuan dari program GeGas. “Kami memang beri kuota 15 orang, dan kuotanya terpenuhi setelah para ibu hamil periksa kesehatan,” ungkapnya.

Setelah itu, para ibu hamil mendapatkan bantuan berupa Pemberian Makanan Tambahan (PMT), edukasi kehamilan, dan kelas untuk ibu hamil. Untuk PMT ibu hamil mendapatkan asupan makanan bergizi untuk makan siang dan malam selama 30 hari.

“Setelah mereka dapat bantuan ini, dilakukan pemeriksaan ke dokter obgyn bagaimana perkembangan si ibu serta janin, apakah sehat dan bisa melahirkan bayi tanpa stunting,” lanjutnya.

Program GeGas Mitra KPI Berdaya ini juga dalam rangka mendukung pemerintah dalam penurunan angka stunting. Mengingat menurut data tahun 2021 angka stunting di Kota Bontang berada di angka presentase 21 persen.

“Ini bentuk komitmen kami dalam membantu menurunkan angka stunting, kita proteksi sejak dini ibu hamil agar bisa melahirkan bayi yang sehat dan tidak stunting, ” ujarnya.

Sementara, Dokter Obgyn Khairul Dalimunthe,Sp.OG mengungkapkan hasil pemeriksaan kepada 15 ibu hamil yang termasuk dalam program GeGas Mitra KPI Berdaya, semuanya mengalami perkembangan yang signifikan. Dengan pemeriksaan rutin, para ibu nantinya bisa melahirkan bayi yang sehat.

“Dari hasil pemeriksaan, ada satu ibu yang bayinya masih belum berkembang sesuai umurnya. Namun hal tersebut bisa berangsur membaik dengan memperhatikan kesehatan ibu dan juga bayi, serta pemeriksaan rutin minimal tiga kali tiap trimester, ” jelasnya.

Salah satu ibu hamil, Hermin mengatakan dirinya sangat bersyukur dengan adanya program ini. Hermin yang tengah mengandung 30 minggu menunjukkan perkembangan yang signifikan setelah mengikuti program GeGas KPI Mitra Berdaya.

“Saya sangat berterimakasih kepada KPI, setelah ikut program ini berat saya jadi naik 6 kilogram, yang sebelumnya bahkan nggak pernah naik berat badan. Bersyukur bisa mendapatkan layanan USG gratis,” tandasnya. (adv/ahr)

BACA JUGA

15.9k Pengikut
Mengikuti