spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PPU-Donggala Jalin Kerja Sama Pemenuhan Kebutuhan IKN

PENAJAM– Berbagai kesepakatan dibangun Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) dengan Kabupaten Donggala. Mulai dari kerja sama terkait sektor batu gunung hingga pengembangan peternakan sapi.

Pada Senin (27/6/2022), jajaran Pemkab PPU melakukan kunjungan kerja ke salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) itu. Ini merupakan kunjungan balasan dari tawaran kerja sama yang telah diajukan sebelumnya.

“Sebelumnya Pemkab Donggala juga telah berkunjung ke PPU terkait kerja sama ini. Dalam waktu dekat Pemkab Donggala akan kembali ke PPU dalam rangka penandatanganan MoU terkait kerja sama ini di lokasi Titik Nol kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku,” kata Plt Bupati PPU, Hamdam Pongrewa.

Hamdam mengatakan, Donggala bagi PPU sudah tidak asing lagi. Salah satunya karena sejumlah kebutuhan daerah seperti bahan material batu gunung dan sejumlah kebutuhan lainnya selama ini didatangkan dari wilayah itu.

Donggala juga memiliki sejumlah potensi lain yang dapat dijalin kerjasamanya dengan PPU seperti peternakan Sapi Donggala yang sudah sangat dikenal di Indonesia.

BACA JUGA :  Rivitalisasi Pasar Jelang IKN, Pemkab PPU Kerjasama dengan Inkoppas

“Kemudian dari sektor perikanan dan pariwisatanya juga sangat memungkinkan dilakukan kerja sama dengan PPU,” sebut Hamdam.

Alasan lainnya, karena jarak antara Donggala dan PPU tidak terlalu jauh. Sehingga memudahkan kedua daerah untuk saling mengirimkan barang.

“Sejauh ini memang telah ada sejumlah daerah menawarkan kerja sama kepada kami. Namun kerja sama itu tentunya akan kita laksanakan dengan berbagai pertimbangan yang jelas salah satunnya potensi daerah memang ada dan mendukung untuk dikerjasamakan bagi kemajuan kedua daerah,” beber Hamdam.

Sementara Bupati Donggala Kasman Lassa menyampaikan tentang sejumlah potensi kekayaan alam yang dimiliki daerahnya. Beberapa diantaranya bahkan sangat potensial dijalin dalam rangka memenuhi kebutuhan IKN.

“Sejauh ini banyak daerah di Indonesia telah membeli batu dari Donggala. Kami berharap kerja sama dengan Kabupaten PPU nantinya dapat berjalan dengan baik, sehingga Donggala dapat ikut berperan dalam pembangunan IKN, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan batu gunungnya,” pungkasnya. (sbk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img