spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Gelar Simulasi Sispamkota Tactical Floor Game untuk Amankan Pilkada Bontang

BONTANG – Polres Bontang menggelar simulasi Sispam Kota dengan metode Tactical Floor Game (TFG) dalam pengamanan Pilkada Bontang 2020, Jumat (4/12/2020) di Aula Parama Satwika Polres Bontang.Kegiatan yang dipimpin oleh Kapolres Bontang AKBP Hanifa Martunas Siringoringo ini dihadiri jajaran Forkopimda, komisioner KPU, komisioner Bawaslu, perwakilan tim kampanye dan instansi terkait.

Simulasi TFG ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan Polres Bontang dan instansi terkait dalam melaksanakan pengamanan pada Pilkada Bontang, 9 Desember 2020.

Dalam paparannya, Kabag Operasional Polres Bontang AKP Ahmad Abdullah menyampaikan bagaimana pengamanan yang akan dilakukan Polres Bontang terhadap pergerakan dari unsur-unsur pelaku atau orang, melalui sebuah Peta Papan dengan lokasi wilayah Kota Bontang, yang diletakkan di lantai Aula Parama Satwika Polres Bontang.

Tujuan dari pemaparan melalui sebuah peta papan tersebut untuk mempermudah memberikan gambaran tentang pergerakan pasukan baik pada saat aman maupun dalam situasi kontijensi.

Kemudian juga bertujuan memberikan pemahaman dan kesiapan aparat kepolisian apabila terjadi berbagai kemungkinan terutama dalam Sistem Pengamanan Kota saat menghadapi konflik sosial.

BACA JUGA :  Motor untuk 499 Ketua RT, Bapenda Berharap Dongkrak PAD

Kapolres Bontang Hanifah mengatakan simulasi sispamkota lazimnya dilakukan di lapangan. Tetapi karena pandemi covid, sehingga dilakukan dengan metode TFG. “Tapi hal ini tidak mengurangi apa yang akan dilakukan aparat keamanan apa yang harus dilakukan bila terjadi hal yang terburuk,” tegasnya.

Ia pun mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga keamanan Kota Bontang yang penuh dinamika. “Pilkada bukanlah ajang pertarungan, tapi ajang demokrasi untuk memilih pemimpin yang amanah dan terbaik. Mari sama-sama menjaga Bontang dalam situasi yang kondusif,” sebutnya.

Sementara itu Sekda Bontang Aji Erlynawati yang mewakili Pjs Walikota Bontang Riza Indra Riadi berpesan kepada TNI dam Polri untuk menindak tegas bila ada pihak-pihak yang mengganggu jalannya Pilkada. “Bila ada kerawanan dan hambatan, TNI Polri dapat memindak tegas. Tidak ada toleransi bagi pihak-pihak yang menggangu pilkada,” tegasnya.

Ia juga mengimbau, dalam melakukan pengamanan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran virus corona. “Kita sama-sama mencegah agar tidak terjadi klaster baru di Pilkada,” tandasnya.

BACA JUGA :  Hari Pertama Pemberlakuan Tes Psikologi SIM, Pemohon Menumpuk di Satu Lokasi

Simulasi Sispam Kota dengan metode Tactical Floor Games (TFG) yang dimulai pukul 09.00 dan berakhir sekira pukul 10.00 Wita. (rin)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img