spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pj Gubernur Kaltim Apresiasi Guru Penggerak dalam SEMARAK 2024

SAMARINDA – Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menghadiri sekaligus menutup kegiatan Sehari Bersama Guru Penggerak (SEMARAK) Berbagi Praktik Baik di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa, 21 Mei 2024.

Atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim, Pj Gubernur Akmal Malik mengapresiasi dan menyampaikan rasa bangga luar biasa atas kiprah serta semangat mengabdi para guru di Benua Etam.

“Khususnya semangat pengabdian para Guru Penggerak demi mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan generasi unggul,” kata Akmal Malik di hadapan 135 Guru Penggerak se-Kaltim.

Bagi Akmal, Guru Penggerak memiliki peran utama dalam membantu siswa mencapai potensi terbaiknya.

Bahkan, Guru Penggerak menurut Akmal, tidak hanya mengajar, tetapi juga memotivasi siswa untuk terus belajar, berinovasi, dan bersemangat dalam mencapai tujuannya.

Selain itu, Guru Penggerak membantu mengidentifikasi kebutuhan siswa, mengembangkan keterampilan mereka, serta memberikan dukungan dan dorongan dalam proses pembelajaran.

“Jadi, reward bagi mereka tidak hanya bisa menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah, tetapi ada semacam tunjangan (insentif) yang diberikan sebagai penyemangat para Guru Penggerak,” ungkapnya, seraya berjanji akan menyampaikannya kepada DPRD Kaltim.

BACA JUGA :  MTQ Kaltim Ke-43 Resmi Dibuka Gubernur, Mahulu Absen, Samarinda Target Juara

Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri ini pun meyakini pola pengajaran yang diberikan Guru Penggerak adalah pendidikan berkualitas yang dibutuhkan untuk mempersiapkan generasi penerus yang berdaya saing.

“Tolong jangan pernah lelah mendidik anak-anak kita. Berikanlah yang terbaik untuk mereka agar kelak mereka memberikan yang terbaik untuk bangsa kita,” pesannya.

Kepala Balai Guru Penggerak Kaltim, Wiwik Setiawati, menyebutkan jumlah Guru Penggerak di Kaltim hingga saat ini sebanyak 815 orang.

“Sebentar lagi akan bertambah pada Juni ini sekitar 359 orang, sehingga totalnya 1.174 Guru Penggerak se-Kaltim untuk semua jenjang pendidikan,” sebutnya.

SEMARAK yang telah dilaksanakan selama dua hari (20-21 Mei) dimeriahkan dengan penampilan para Guru Penggerak kabupaten dan kota dalam drama Ki Hadjar Dewantara, tarian, dan musikalisasi.

Hadir dalam acara ini Kepala Subbagian Tata Usaha Direktorat Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek Dr. Rita Dewi Puspalupi, Kepala Disdikbud Kaltim M. Kurniawan, Kepala Disdikbud Samarinda Dr. Asli Nuryadin, Kadisdikbud kabupaten dan kota se-Kaltim, Ketua PGRI, Ketua MKKS, Ketua K3S, Kepala Kantor Bahasa Kaltim, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan, Penjab PGP kabupaten/kota, Tanoto Foundation, dan PT Erlangga. (adv/adpim/diskominfokaltim)

BACA JUGA :  Semarakkan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, Pemprov Kaltim Siapkan 12 Rangkaian Acara
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img