spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peringati Hardiknas, Sarpras Sektor Pendidikan Jadi Prioritas Pemkab Paser

PASER – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dilangsungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser dengan menggelar upacara yang terlaksana di halaman Kantor Bupati Paser, Kamis (2/5/2014).

Upacara peringatan dengan tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar ini, dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Paser, Katsul Wijaya, selaku Inspektur Upacara yang turut membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Dalam pidatonya itu, Nadiem Anwar Makarim menyebut, setelah Indonesia dilanda pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, semangat belajar sempat tertahan. Seiring waktu, kebijakan pemerintah dalam hal pembelajaran melalui dalam jaringan (daring) mulai berjalan.

“Alhamdulillah Indonesia bisa melalui itu semua. Begitupun di Paser, meski awal penerapannya ada kendala dengan jaringan dana ada siswa tidak memiliki smartphone,” kata Katsul.

Apalagi, saat ini ada program Merdeka Belajar yang merupakan program kebijakan dari Kemendikbudristek RI. Ini merupakan upaya pendekatan, supaya siswa dan mahasiswa bisa memilih pelajaran yang diminati.

“Hal ini dilakukan agar para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangan yang paling baik dalam berkarya bagi bangsa,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Desa di Paser Bersaing Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Lewat Lomba

Untuk melanjutkan Program Merdeka Belajar ini, Pemkab Paser juga menyiapkan dukungan, terutama sarana prasarana (sarpras) yang juga masuk dalam salah satu program prioritas Bupati Paser, Fahmi Fadli.

Yakni program satu guru satu laptop, pembangunan dan perbaikan bangunan sekolah secara bertahap, dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). “Sektor pendidikan memang menjadi prioritas Bupati Paser,” tambahnya.

Tahun ini, sejumlah program itu sudah dilakukan. Agar kekurangan bisa terpenuhi dan memaksimalkan dukungan dalam proses belajar mengajar. Program-program itu menggunakan APBD Kabupaten Paser tahun 2024. Lebih dioptimalkan lagi pada tahun 2025 mendatang.

“Semoga upaya ini membuat masyarakat Paser lebih cerdas kedepannya. Sehingga kesejahteraan masyarakat Paser meningkat dan terwujudnya Paser yang Maju, Adil, dan Sejahtera,” tandasnya.

Pewarta: Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img