spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Fahmi Komitmen Wujudkan Ekonomi Hijau di Paser

PASER – Bupati Paser, Fahmi Fadli menjadi salah satu Kepala Daerah yang diundang dalam Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah 2024 bersama Bubernur dan Bupati/Wali kota se-Indonesia, di Balai Kota Surabaya, Jawa Timur, Kamis (25/4/2024).

Hadir dalam kegiatan itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian yang bertindak sebagai inspektur upacara. Puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII 2024 yang mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat”.

Bupati Paser, Fahmi Fadli mengatakan, tema hari otonomi daerah menjadi momen bagi pemerintah daerah, khususnya Pemkab Paser, dalam mewujudkan Indonesia berkelanjutan. Tema otonomi daerah tahun ini tentang ekonomi hijau dan berkelanjutan ramah lingkungan.

“Ini menjadi tekad kami dalam memperkokoh komitmen sebagai amanah membangun keberlanjutan Indonesia, sesuai arahan dari Mendagri,” terang Fahmi.

Ekonomi hijau dinilai penting untuk dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser, terlebih menjadi komitmen dirinya semenjak menjadi orang nomor satu di Bumi Daya Taka.

“Ekonomi hijau sudah menjadi komitmen Pemkab Paser dan ini juga sejalan dengan visi misi Paser yang maju, adil dan sejahtera (MAS),” tambahnya.

BACA JUGA :  Pesan Penting Fahmi untuk 6 PTP Pemkab Paser yang Baru

Fahmi menambahkan, pemerintah daerah dapat melakukan rehabilitasi sumber daya alam melalui pengembangan ekonomi hijau. Terlebih saat ini, Kabupaten Paser masih mengandalkan sektor pertambangan dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Paser sekarang masih didominasi oleh sektor pertambangan dalam pembangunan ekonomi, sudah saatnya kita beralih dengan pengembangan ekonomi hijau,” imbuhnya.

Diungkapkan bahwa sekitar 70 persen produk domestik regional bruto (PDRB) di sektor pertambangan. Sementara untuk sisanya adalah sektor pertanian, perhutanan, perikanan dan perkebunan dalam arti luas.

“Selain Pemerintah Kabupaten Paser hingga pemerintah pusat memang harus saling bahu-membahu dalam menuju ekonomi hijau dan lingkungan sehat,” tutup Bupati Paser.

Pewarta: Bhakti Sihombing
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img