spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Penuhi Listrik di Pulau Gusung, PKT Proaktif Salurkan Bantuan Genset Senilai Rp 240,6 Juta

BONTANG – Dukung pemenuhan listrik bagi masyarakat sekitar perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) proaktif salurkan bantuan Generator Set (Genset) berkapasitas 20 KVA di Pulau Gusung Kecamatan Bontang Utara, lengkap dengan instalasi dan rumah pengoperasian unit senilai Rp240,68 Juta.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Operasi dan Produksi PKT Hanggara Patrianta, kepada perwakilan Pemkot Bontang di RT 03 Gusung, Selasa (19/4/2022).

Diungkapkan Hanggara, bantuan ini wujud kesinambungan kontribusi PKT bagi masyarakat Bontang khususnya pulau Gusung, yang saat ini sangat membutuhkan akses listrik yang memadai dalam mendukung aktivitas harian.

Hal ini melihat kondisi PLTS yang selama ini digunakan masyarakat setempat mengalami penurunan performa akibat umur baterai yang mencapai batas, sehingga pasokan listrik yang sebelumnya beroperasi 24 jam penuh hanya bisa mengakomodasi sekira 2-3 jam dalam satu hari.

“Ini menjadi perhatian PKT agar masyarakat Gusung bisa menikmati listrik dengan lebih optimal, baik untuk penerangan maupun aktivitas lainnya dengan lebih lancar,” ujar Hanggara.

Melalui bantuan ini diharap kebutuhan listrik pulau Gusung semakin terpenuhi ditengah keterbatasan operasional PLTS, sehingga aktivitas masyarakat pun bisa lebih maksimal saat Ramadan maupun kedepannya. Begitu juga untuk perawatan unit, PKT telah membekali masyarakat pelatihan pengoperasian dan perbaikan agar selanjutnya mampu mengatasi secara mandiri jika ada kendala yang timbul.

“Dengan bantuan ini diharap tidak ada lagi persoalan akibat minimnya pasokan listrik di Gusung. Apalagi saat Ramadan hingga Idul Fitri, listrik sangat penting untuk mendukung aktivitas masyarakat,” lanjut Hanggara.

Dirinya pun memastikan PKT akan terus berbuat bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi untuk memberi manfaat di berbagai sektor secara optimal. Hal ini juga wujud kedekatan PKT dengan masyarakat Bontang yang selama ini telah mendukung operasional perusahaan sehingga mampu berkembang seperti saat ini. “PKT akan terus berupaya memberi manfaat optimal bagi masyarakat, sesuai sasaran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan,” tambah Hanggara.

Mewakili Pemkot Bontang, Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Bontang Ririn Sari Dewi, menyampaikan apresiasi atas kesinambungan kontribusi PKT bagi masyarakat di berbagai sektor. Menurut dia, bantuan ini sangat membantu Pemkot Bontang untuk memenuhi kebutuhan listrik listrik di pulau Gusung, mengingat suplai yang saat ini menurun akibat terkendala umur baterai yang mulai expired.

“Listrik Pulau Gusung dari PLTS berkapasitas 15 kWp yang dialokasikan Pemkot Bontang beberapa tahun lalu mengalami kendala yang mengakibatkan penurunan suplai sehingga membuat aktivitas masyarakat menjadi terbatas. Maka bantuan PKT ini sangat berarti bagi masyarakat Gusung, agar kebutuhan listrik terpenuhi dengan baik,” papar Ririn.

Ririn berharap sinergi dan kerjasama antara PKT dengan Pemkot Bontang dapat semakin ditingkatkan dan berkesinambungan, sehingga peran perusahaan dapat semakin memberikan manfaat dalam kemajuan pembangunan masyarakat dan daerah.

Dirinya pun mengimbau masyarakat Gusung dapat menjaga serta memelihara bantuan genset ini dengan baik, sehingga bermanfaat maksimal dalam menunjang aktivitas harian sekaligus mendorong kawasan pesisir Bontang yang lebih maju dan mandiri.

“Kami pun berharap bantuan ini bisa mendukung pemulihan ekonomi masyarakat di Pulau Gusung, dengan masyarakat yang lebih berdaya dan mandiri. Semoga kedepan kontribusi PKT ini turut memotivasi perusahaan maupun pihak lain di Bontang untuk saling bersinergi dalam mendukung pembangunan daerah,” pungkas Ririn. (adv)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Di Luar Ruangan Masyarakat Bebas Tanpa Masker, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

0
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan melonggarkan aturan kewajiban penggunaan masker untuk mencegah penularan virus corona penyebab Covid-19. Kini masyarakat diperbolehkan tidak...

Pasca Liburan, 398,6 Kg Sampah Terkumpul di Pulau Beras Basah, Sedotan Plastik Setara Luas...

0
BONTANG - Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri, aksi bersih-bersih dilakukan di Pulau Beras Basah, pada Minggu (15/5/) hingga Senin (16/5). Yang cukup...