spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Paser Pasang Layanan Internet di 26 Desa

PASER – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser memasang layanan internet di 26 Desa dalam mewujudkan Desa yang cerdas dan mandiri sebagai tindaklanjut Undang Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Paser, Arief Rahman, saat meresmikan layanan internet desa secara daring di Command Center DKISP Kabupaten Paser, Selasa (11/6/2024) .

Desa Cerdas adalah transformasi desa melalui pemanfaatan teknologi digital, pemanfaatan ruang digital desa secara berkelanjutan, dan pemanfaatan data terintegrasi dalam membangun dan meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Ada tiga aspek membangun desa yaitu aspek kebijakan, aspek potensi, permasalahan dan tantangan yang dihadapi serta aspek prioritas,” kata Arif Rahman yang membacakan sambutan Bupati Paser, Fahmi Fadli.

Lebih lanjut, salah satu konsep pengembangan desa yang cocok untuk era sekarang yakni konsep Desa Cerdas yaitu konsep pengembangan desa dengan memanfaatkan teknologi, baik pelayanan publik dan pengembangan kawasan seperti infrastruktur teknologi informasi.

BACA JUGA :  Bupati Paser Imbau Ormas di Paser Urus Legalitas

“Juga teknologi komunikasi, transportasi, zonasi, irigasi, drainase dan energi,” katanya.

Sesuai Permendesa PDTT nomor 7 tahun 2023 tentang Rincian Prioritas Penggunaan Dana Desa, dalam merencanakan dan membangun desa, berbagai kegiatan harus diarahkan pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi

“Hal itu ditujukan sebagai salah satu sektor prioritas untuk dapat mendorong pencapaian SDG’s Desa,” ujarnya.

Sehingga menurutnya, patut disyukuri sebanyak 26 desa di Kabupaten Paser telah mendapatkan layanan internet desa yang merupakan hasil kerjasama antara Pemkab Paser  dengan PT. Indonesia Comnet Plus sebagai komitmen tidak ada lagi daerah blankspot.

“Kami juga menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Desa dan Duta Digital Desa yang telah melakukan pendampingan desa dalam peningkatan literasi digital masyarakat,” ujarnya.

Peresmian ini dihadiri para camat dan sejumlah Kepala Orgabisasi Perangkat Daerah (OPD), Senior Manager SBU Regional Kalimantan PT. Indonesia Comnet Plus, Arif Rahmatin.

Pewarta: TB Sihombing
Editor : Nicha R

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img