spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah Hadirkan Keadilan Energi Lewat PMN, Warga Desa Muara Bengalon Resmi Nikmati Listrik PLN Tepat di Hari Pelanggan Nasional

SANGATTA – Penantian warga Desa Muara Bengalon untuk menikmati listrik akhirnya terwujud, Senin (04/09/2023). Bertempat di Balai Desa Muara Bengalon, Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, meresmikan secara simbolis penyalaan listrik Desa Muara Bengalon, kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur.

Sejak dimekarkan dari Desa Sepaso, tepatnya 21 tahun yang lalu, Desa Muara Bengalon belum merasakan listrik hingga akhirnya pemerintah melalui PLN hadir lewat Dana PMN (Penyertaan Modal Negara) untuk memberikan pemerataan energi bagi masyarakat Desa, khususnya Kabupaten Kutai Timur. Tercatat hingga awal September 2023, sudah 14 desa yang dinyalakan oleh PLN menggunakan dana PMN, dengan dua desa di antaranya berasal dari Kabupaten Kutai Timur.

Bupati Kutai Timur, Ardiansyah Sulaiman, mengapresiasi perjuangan PLN dalam melistriki Kabupaten Kutai Timur. Hal ini disampaikannya dalam sambutan saat prosesi penyalaan listrik Desa Muara Bengalon. “Terima kasih kepada Bapak Bibit (Manager PLN ULP Sangatta) dan Bapak Yusrizal (Manager PLN UP3 Bontang) yang sudah berkeliling Kutai Timur. Beliau nampaknya tidak berani pindah dari Bontang (UP3 Bontang) sebelum seluruh Kutai Timur menyala,” tutur Ardiansyah.

Selain itu, Ardiansyah juga berterima kasih atas sinergi yang sudah dibangun antara PLN dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur yang terjalin sangat baik. “Alhamdulillah, komunikasi kami dengan PLN terjalin sangat baik, hal itu ditunjukkan bagaimana intensnya kami berkomunikasi, tidak hanya di kantor, tetapi juga di Rumah Jabatan,” tutur Ardiansyah.

Perasaan bahagia atas masuknya listrik PLN juga diungkapkan oleh Kepala Desa Muara Bengalon, Muhammad Yusuf. “Alhamdulillah, saat ini sudah masuk listrik PLN pada tahun 2023. Penantian selama 21 tahun tanpa adanya listrik PLN sekarang sudah terpenuhi,” tutur Yusuf.

“Saya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dan PLN sehingga desa kami sudah terang,” sambung Kepala Desa.

Kebahagian pun juga dirasakan oleh salah satu warga yang ada di Desa Muara Bengalon, Jumardi. “Terima kasih kepada PLN. Alhamdulillah, semua masyarakat di sini bersyukur karena masuknya listrik PLN di Desa Muara Bengalon,” tutur Jumardi.

Di sisi lain, Manager PLN UP3 Bontang, Yusrizal, yang turut hadir dalam penyalaan tersebut, menyatakan bahwa dalam melistriki Desa Muara Bengalon, PLN melalui proses panjang dan berbagai tantangan yang harus dilewati. “Perjuangan melistriki desa ini tentunya tidak mudah. Hal tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari stakeholder, pemerintah, dan tentunya masyarakat yang harus merelakan pohonnya dipangkas dan ditebang agar jaringan listrik bisa melewati area tersebut,” ungkap Yusrizal.

“Harapannya di Hari Pelanggan Nasional pada tanggal 04 September 2023 ini, Desa Muara Bengalon semakin maju. Setelah bertepatan bulan kemarin, Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Indonesia sudah Merdeka, dan diikuti juga Desa Muara Bengalon yang merdeka dari kegelapan menuju terang benderang,” tambah Yusrizal.

Yusrizal kemudian berharap dengan adanya listrik PLN, Desa Muara Bengalon dapat meningkatkan taraf ekonomi. Mulai dari sektor perikanan, mereka bisa membuat cold storage mini sehingga hasil tangkapan laut bisa dibekukan, dan kondisi ikan masih segar sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi.

Selain itu, dari sektor pendidikan, anak-anak sudah bisa menikmati listrik untuk belajar. Dengan adanya listrik PLN di Desa Muara Bengalon, peluang untuk internet masuk akan semakin terbuka, sehingga masyarakat dan anak-anak dapat mendapatkan informasi yang lebih luas lagi dan melihat dunia dengan lebih luas lagi. (adv/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img