spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Paser Raih Juara Stand Terfavorit di Indokraf Expo 2023

PASER – Gerai milik Forum Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mitra binaan PT Kideco Jaya Agung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser jadi yang terfavorit, pada Indonesia Ekonomi Kreatif Expo (Indokraf) 2023, di Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Penyematan gerai terfavorit itu, diberikan PT Bintang Profesional Indonesia, sebagai bagian dari penyelenggara kepada Kepala Seksi (Kasi) Pemasaran, Promosi dan Informasi Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Sari Prilian, mewakili Pemkab Paser.

Ketua Forum UMKM mitra binaan PT Kideco Jaya Agung, Arbani menjelaskan, penyematan itu merupakan buah dari kerja keras dan semangat semua pihak, khususnya Pemkab Paser dan pelaku UMKM dalam kegiatan menjual dan mempromosikan produk-produk unggulan.

“Tentunya cukup senang dan kita yang mewakili para pelaku UMKM dari Kabupaten Paser merasa bangga atas raihan ini,” kata Arbani, Minggu (8/10/2023).

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya mengaku terus mempromosikan berbagai produk-produk yang dimiliki, bahkan membagikan suvenir kepada para pelaku UMKM dari daerah lainnya. Hal ini tentu dinilai efektif dalam memperkenalkan hasil usaha dari Kabupaten Paser.

Ke depan, Arbani berharap, dengan adanya kegiatan seperti ini akan bertampak positif bagi pelaku UMKM di Kabupaten Paser untuk lebih serius dan semangat lagi dalam memproduksi dan mengembangkan kreativitasnya.

“Kreativitas dalam bentuk produk pastinya, agar lebih menarik dan mampu bersaing dipasar baik lokal, naional kalau bisa hingga internasional,” tegasnya.

Untuk diketahui, Indokraf 2023 merupakan pameran skala nasional bidang perdagangan, pariwisata, pertanian, perikanan, perindustrian, investasi, koperasi, usaha kecil menengah (UKM) dan ekonomi kreatif, yang terlaksana di Lippo Mall Kuta, selama 4 hari, sejak 5 – 8 Oktober 2023.

Adapun dalam ajang tersebut, beragam produk UMKM dari Kabupaten Paser yang ditampilkan pada Indokraf Expo 2023 ini. Di antaranya briket atau bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar minyak.

Selain itu, adapula gula aren, jahe aren, amplang, kripik pisang, sabun erai, minyak kelapa, esa masin, nasi tiwul, teh bawang dayak, jahe instan, kripik usus, petis, krupuk udang, madu hutan, keipik tempe, batik khas Paser dan aneka cemilan lainnya

“Semua produk ini merupakan khas dari Kabupaten Paser dibawah kemitraan pihak ketiga dan Pemkab Paser dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser,” terangnya.

Menurutnya, selain sebagai wadah promosi, ajang ini merupakan penyambung kebutuhan para pelaku UMKM dalam peningkatan ekonomi. Pihaknya juga turut mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang turut mendukung terselenggaranya acara tersebut.

“Kami tentu berterima kasih kepada Pemkab Paser melalui Disporapar yang sudah memberikan kesempatan untuk berpartisipasi mengikuti kegiatan promosi ini. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi bagi pelaku UMKM untuk lebih kreatif lagi kedepan,” pungkas Arbani.

Diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 10 daerah di Indonesia, yakni Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Bali, Provinsi Banten, Provinsi Papua Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten Badung, Kabupaten Paser, Kabupaten Kotabaru, Kota Balikpapan dan Kota Makassar.

Pewarta : Bhakti Sihombing
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img