spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Panglima TNI Mutasi 96 Perwira Tinggi, Beberapa Mengisi Jabatan Strategis

JAKARTA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono memutasi 96 perwira tinggi yang sebagian besar dari mereka mengisi pos jabatan strategis, di antaranya Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, pangkogabwilhan, pangkoarmada, dan pangdam.

Laksamana Yudo, dalam siaran tertulisnya yang dikonfirmasi oleh Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda (Laksda) TNI Julius Widjojono di Jakarta, Rabu (19/7/2023) menjelaskan mutasi, rotasi, dan promosi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan organisasi, membina karier para perwira, dan mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI.

Dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 yang diteken oleh Panglima TNI pada hari Senin (17/7), sebanyak 96 perwira tinggi yang kena mutasi terdiri atas 53 perwira tinggi TNI Angkatan Darat, 26 perwira tinggi TNI Angkatan Laut, dan 17 perwira tinggi TNI Angkatan Udara.

Dari jajaran TNI Angkatan Darat, tujuh panglima daerah militer (pangdam) kena mutasi, di antaranya Mayjen TNI Sonny Aprianto dari jabatannya sebagai Pangdam IX/Udayana saat ini menjabat sebagai Asisten Intelijen (Asintel) Panglima TNI. Penggantinya adalah Mayjen TNI Harfendi yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Panglima TNI.

Mayjen TNI Alfred Denny D. Tuejeh mendapatkan promosi sebagai Inspektur Jenderal TNI AD (Irjenad). Dia sebelumnya menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka. Posisi Pangdam XIII/Merdeka pun saat ini diisi oleh Mayjen TNI Legowo W.R. Jatmiko.

Sementara itu, Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon, yang sebelumnya Irjenad, saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III menggantikan Letjen TNI Agus Suhardi.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Ajak Australia Investasi di IKN

Dalam SK yang sama, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, yang sebelumnya bertugas sebagai Pangdam XVI/Pattimura saat ini menjabat Perwira (Pa) Staf Ahli Tingkat III Kepala Staf TNI AD Bidang Industri Teknologi Militer (Intekmil) dan Siber. Penggantinya adalah Mayjen TNI Syafrial yang sebelumnya bertugas sebagai Kepala Staf Komando Cadangan Strategis TNI AD (Kaskostrad).

Mayjen TNI Erwin Djatniko, sebelumnya Gubernur Akademi Militer (Akmil), saat ini menjabat Pangdam III/Siliwangi. Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo sebelumnya Pangdam III/Siliwangi saat ini bertugas sebagai Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI AD (Wadankodiklatad).

Posisi Gubernur Akmil pun saat ini diisi oleh Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha yang mendapatkan promosi dari jabatan sebelumnya sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVII/Cendrawasih. Jabatan Kasdam XVII/Cendrawasih diisi oleh Brigjen TNI Yudha Medy Dharma Zafrul yang sebelumnya bertugas sebagai Komandan Pusat Intelijen TNI AD (Danpusintelad).

Selanjutnya, Mayjen TNI Yanuar Adil yang sebelumnya menjabat Komandan Pusat Kesenjataan Kavaleri (Danpussenkav) saat ini bertugas sebagai Pangdam II/Sriwijaya menggantikan Mayjen TNI Hilman Hadi.

Jabatan Danpussenkav saat ini diemban oleh Mayjen TNI Muhammad Zamroni.

Berikutnya Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin bertukar jabatan dengan Mayjen TNI Mochammad Hasan. Mayjen Chardin saat ini menjabat sebagai Asisten Teritorial (Aster) Kasad, sementara Mayjen Hasan menjabat sebagai Pangdam I/Bukit Barisan.

BACA JUGA :  Sore Hari Ini Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa, Muhammadiyah Tetapkan Ramadan 13 April Besok

Jabatan Pangdam XVIII/Kasuari pun kena rotasi, yang sebelumnya diisi oleh Mayjen TNI Gabriel Lema, saat ini oleh Mayjen TNI Ilyas Alamsyah.

Dalam SK yang sama, beberapa perwira menengah TNI AD pun menerima promosi, di antaranya Kolonel Inf. Sidik yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Penguatan Demokrasi dan Kelembagaan Demokrasi Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, saat ini menjadi Kepala Dinas Sejarah TNI AD (Kadisjarahad).

Rotasi di TNI AL dan TNI AU

Dalam SK yang sama, Laksamana Yudo juga memberikan promosi kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Maman Firmansyah yang saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas). Posisi dia sebelumnya sebagai Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II diisi oleh Laksda TNI Yayan Sofiyan.

Jabatan Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang sebelumnya diemban Laksamana Madya (TNI) Aan Kurnia, saat ini diisi oleh Laksdya TNI Irvansyah yang sebelumnya menjabat Pangkogabwilhan I. Walaupun demikian, serah terima jabatan (sertijab) Kepala Bakamla masih menunggu keputusan presiden (keppres).

Laksamana Pertama (Laksma) TNI dr. Agus Guntoro, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan TNI AL (Kadiskesal) kena rotasi menjadi Wakil Kepala (Waka) Pusat Kesehatan TNI menggantikan Marsekal Pertama (Marsma) TNI dr. Arief Setyawan yang saat ini menjadi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan.

Jabatan Kadiskesal saat ini diisi oleh Kolonel Laut (K) dr. R.M. Tjahja Nurrobi.

BACA JUGA :  PLN Suskes Hadirkan Listrik Tanpa Kedip di Gelaran KTT ASEAN Labuan Bajo

Jabatan Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Bangsa Lemhannas yang sebelumnya diemban oleh Laksda TNI Edi Sucipto, saat ini diisi oleh Mayjen TNI Agus Arif Fadila. Meski demikian, serah terima jabatan itu masih menunggu keppres.

Jabatan Inspektur Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI yang sebelumnya diisi oleh Laksma TNI Sri Gunanto, saat ini diemban oleh Kolonel Laut (T) Andy Kriswanto. Laksma Gunanto saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan Intelijen Geospasika BAIS TNI.

Kolonel Laut (T) Yosua Dominggus Aipassa, dalam SK mutasi yang sama, turut menerima promosi sebagai Komandan Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Koppeba) Koarmada RI. Dia menggantikan Laksma TNI Darmansyah.

Kolonel Laut (P) Ignatius Bayu Trikuncoro saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) Kementerian Sekretariat Negara. Di lingkungan Kemensetneg juga ada Kolonel Pnb. Heri Kris Drihandaka yang mengisi posisi Kepala Biro Pengamanan Setmilpres.

Sementara itu, dari jajaran perwira tinggi TNI AU, Laksamana Yudo menunjuk Marsekal Madya (Marsdya) TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) menggantikan Marsdya TNI Henri Alfiandi.

Dalam SK yang sama, ada Kolonel Pom Pipik Krispiarto yang menjabat sebagai Komandan Pusat Polisi Militer TNI AU (Danpuspomau). Dia menggantikan Marsma TNI Danang Sulistiyanto.  (Ant/MK)

Pewarta : Genta Tenri Mawangi

Editor : D.Dj. Kliwantoro

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img