spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Otorita IKN Lakukan Penanaman Pohon Buah-buahan Lokal Asal Kaltim

PENAJAM – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) berkolaborasi dengan Perum LKBN Antara, Bank Indonesia Kalimantan Timur (Kaltim), PT Kideco Jaya Agung, dan Telkomsel, berupaya mengembalikan kejayaan buah-buahan lokal lewat gerakan penanaman di Desa Suko Mulyo, Kematan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

“Desa Suko Mulyo itu masuk dalam kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yang merupakan salah satu kawasan pengembangan IKN. Desa itu diarahkan untuk mendukung ketahanan pangan dan penyangga lingkungan,” terang Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri, Minggu (17/12/2023) kemarin.

Ia meminta penanaman buah lokal tersebut tidak hanya kegiatan tunggal dari Antara dan para mitra melainkan berkelanjutan dengan melibatkan masyarakat sekitar kawasan Agrotechno Edupark IKN.

“Kegiatan seperti ini diharapkan bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, kami menyediakan lahan dalam area tertentu sebagai fokus kegiatan penanaman itu, yang merupakan kerjasama antara pemerintah desa, LKBN Antara, dan para mitranya,” bebernya.

Sementara itu, Perum. Lembaga Kantor Berita Nasional Antara berkomitmen untuk melanjutkan perawatan pohon buah lokal yang ditanam lewat konsep adopsi dengan melibatkan unsur pimpinan dan masyarakat Desa Suko Mulyo.

“Kami sangat bersyukur, bisa ikut menyaksikan dan melakukan penanaman pohon yang menunjukkan bahwa Perum LKBN Antara, di usianya yang 86 tahun, dapat mewujudkan beyond the news. Kami juga memberikan kemanfaatan yang sangat ditunggu oleh masyarakat, khususunya di Kaltim,” ucap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum LKBN Antara, Nina Kurnia Dewi.

Selain buah lokal khas Kalimantan, masyarakat juga dapat mengambil manfaat dari kawasan Argotechno Edupark dari hasil buah-buahan lain seperti durian, jeruk, alpukat, bahkan manggis.

Promosi buah-buah lokal Kalimantan itu merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan Lingkungan Perum LKBN Antara bidang lingkungan. Tanaman buah lokal yang ditanam di kawasan itu ada buah rambai, elai, cempedak, dan lahung.

“Kami berharap, dengan penanaman pohon itu, kaki turut serta menyiapkan ketahanan pangan dan pelestarian alam untuk generasi muda yang akan menjadi pemimpin Indonesia melalui IKN Nusantara,” harap Nina.

Sementara itu, Direktur Bank Indonesia Kaltim Aswin Gantina menyampaikan apresiasi atas kegiatan penanaman pohon itu dan berharap akan menjadi kawasan Agrotechno Edupark di IKN Nusantara.

“Kami dari Bank Indonesia sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini. Kami mengapresiasi sehingga kami nanti, khususnya di Kecamatan Sepaku, sudah siap menerima kedatangan penduduk baru dari luar Kaltim dan kebutuhan pangan mereka juga bisa dipenuhi,” ucap Aswin.

Di sisi lain, Asisten Manajer ERS PT. Kideco Jaya Agung, Isro Ayyubi Rambe membeberkan perusahaan bidang energi itu berkomitmen mendukung pembangunan IKN yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

“Kami juga turut berpartisipasi dalam persamaian di Mentarang dan beberapa titik lain di kawasan IKN yang kami kerjakan. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi pemicu dan semangat buat warga Desa Suko Mulyo dan sekitarnya,” imbuhnya.

Sedangkan Plt Camat Sepaku Hendro Susilo menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkoordinasi dan bersinergi untuk membuka potensi-potensi wilayah di setiap desa yang ada di wilayah itu.

“Semoga kegiatan penanaman pohon khas daerah lokal dan juga pemberdayaan masyarakatnya nanti dapat meningkatkan potensi ekonomi di Desa Suko Mulyo dan Kecamatan Sepaku pada umumnya,” pungkas Hendro.

Promosi produk buah-buah lokal Kaltim itu diawali dengan penanaman sejumlah pohon lokal oleh Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum LKBN Antara Nina Kurnia Dewi, Asisten Direktur BI Kaltim Aswin Gantina, Asisten Manajer ERS PT. Kideco Jaya Agung Isro Ayyubi Rambe, serta Perwakilan PT Telkomsel Rifandi Adi Yudha Tama di kawasan Argotechno Edupark IKN.

Penulis : Ernita
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img