spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Nongkrong Tanpa Patuhi Protokol Kesehatan, Gerombolan Remaja Kena Sanksi Fisik

BONTANG – Peran serta dalam menekan angka penyebaran Covid-19 juga ditunjukkan aparat keamanan di kelurahan, yakni Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Selain berkewajiban menjaga dan memastikan wilayahnya selalu aman dan tertib, di masa pandemi ini keduanya juga saling bersinergi untuk mengontrol warga di wilayahnya agar selalu patuh terhadap protokol kesehatan yang digariskan pemerintah.

Kamis (15/10/2020), Babinsa Kelurahan Berebas Tengah, Serka Agung Nugraha bersama Bhabinkamtibmas Berebas Tengah Aipda Rudiantoro mendapati segerombolan remaja sedang asyik nongkrong di wilayah RT 7 berbatasan dengan RT 8 Berebas Tengah, saat keduanya sedang patroli. Para remaja tersebut didapati tanpa menggunakan masker dan tidak menerapkan physical distancing. Keberadaan mereka juga kerap dikeluhkan warga sekitar lantaran sering mengganggu jalan warga yang melintas.

“Sebelumnya kami sudah pernah pergoki mereka dan kami sudah mintai komitmen tidak mengulangi lagi. Namun ternyata diulangi kembali. Akhirnya kami beri sanksi hukuman fisik,” ujar Aipda Rudiantoro.

Adapun hukuman yang diberikan berupa push-up, lari keliling, dan juga sit-up. Ini dilakukan agar mereka bisa jera dan tidak mengulanginya kembali. Selain itu, ini juga merupakan implementasi Peraturan Wali Kota Bontang nomor 21 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, yang didalamnya TNI-Polri ikut terlibat dalam urusan penegakan hukum.

BACA JUGA :  Pabrik Soda Ash Bakal Berdiri di Bontang, Basri : Kita Akan Dukung

Tak lupa usai diberikan sanksi, Babinsa dan Bhabinkamtibmas memberikan pesan dan imbauan kepada para remaja untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dimanapun berada. Dengan cara rajin mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Patroli ini akan kami terus galakkan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bontang,” tambah Serka Agung (bms)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img