Jumat, Oktober 22, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menuju PON XX Papua, Tim Layar Kaltim Terus Berlatih di Berau

Optimisme digaungkan kontingen Kalimantan Timur pada cabang olahraga layar yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Saat ini, atlet layar Kaltim sedang mematangkan persiapan di Tanjung Batu, Berau. Ketua Persatuan Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Kaltim, melalui Ketua Porlasi Berau, Kosim Nor Seha, mengatakan bahwa persiapan jelang PON XX Papua tinggal dua bulan. Atlet terus berlatih dengan maksimal.

Kosim menjelaskan, 80 persen dari 12 atlet yang akan dikirim berasal dari Berau. Pemusatan latihan di kawasan perairan Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, Berau. Porlasi yakin mampu membawa pulang medali.

“Saat ini, kami menggencarkan latihan fisik. Kami lakukan enam kali dalam seminggu dan untuk latihan teknik di perairan, lima kali dalam seminggu,” jelasnya Rabu 1 September 2021. Latihan yang dijalani seperti race, start, pengambilan course, up and down wind, reaching, hingga rounding mark. Sebelumnya, para atlet menjalani tes fisik pada bulan keenam sebelum masuk ke pusat latihan daerah.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi, Kosim mengaku, semua kegiatan latihan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi, Tanjung Batu merupakan pintu akses wilayah pariwisata baik lingkup daerah maupun mancanegara. Saat ini, atlet pun masih di asrama hingga persiapan keberangkatan pada September ini.

Kosim melanjutkan, mengantisipasi medan saat perlombaan nanti, pada minggu pertama bulan September, para atlet berangkat terlebih dahulu untuk melakukan simulasi berlayar di perairan Papua.

“Memang secara medan, tentu saja berbeda. Kalau untuk teknik, kurang lebih sama. Jadi kita fokuskan agar atlet bisa menguasai teknik dan strategi,” ungkapnya.

Sebelum adanya penerapan PPKM, pihaknya telah menyusun program dari awal. Tepatnya pada bulan Juli. Cabor layar hendak berlatih di Jakarta di arena Sailing Center Ancol. Selain itu rencananya akan menghadiri dua event. Tetapi hal itu gagal terlaksana karena pandemi.

“Masih belum terlaksana, karena aturan PPKM. Kami fokus pada perairan Tanjung Batu dan melakukan simulasi dan orientasi medan lebih cepat menjelang PON Papua nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, dari catatan Kosim, pihaknya optimistis mendapatkan kemenangan. Dari 12 atlet, nantinya akan mengikuti 11 nomor tanding. Beberapa diantaranya kelas Internasional 420 Open, International 420 Putra Putri juga Tekno 293 Putra. Ia berharap doa masyarakat Berau agar nantinya bisa membawa pulang hasil yang terbaik. (kk)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hebat, Bontang Dinobatkan Kota Bersih di Asia Tenggara

0
JAKARTA – Kota Bontang, salah satu dari tiga kota di Indonesia dinobatkan sebagai Kota Ramah Lingkungan/Bersih di Asia Tenggara. Penghargaan itu diberikan The Association...

Pemuda Curi Celana Dalam Perempuan, Warga Jelawat Resah

0
SAMARINDA – Kaum hawa di Samarinda resah. Aksi pencurian celana dalam perempuan yang sedang dijemur terjadi di Jalan Jelawat, Samarinda Ilir, Rabu (21/10/2021). Aksi...