spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengenal Calon Anggota Bawaslu Kaltim Daini Rahmat : Pemimpin Muda yang Berdedikasi untuk Demokrasi

Di kalangan penyelenggara Pemilu di Kaltim, sosok H. Daini Rahmat SE, ME, sudah tidak asing lagi. Adalah pria berdedikasi tinggi dalam memperjuangkan demokrasi. Saat ini, Daini Rahmat termasuk lolos 4 besar, sebagai calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Lahir pada 22 Juni 1986 di Samarinda, Daini Rahmat telah membuktikan dedikasinya dalam menjaga proses pemilu yang adil dan demokratis. Ditunjukkan dari berbagai pengalamannya di dunia penyelenggara Pemilu.

Daini Rahmat saat ini masih menjabat sebagai Komisioner Bawaslu Kota Samarinda. Posisi yang memberinya pemahaman mendalam tentang pentingnya pemilu yang bersih. Melalui pengalamannya, diawali keterlibatan aktifnya dalam berbagai organisasi baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

Ia juga memiliki pengalaman kepemiluan yang beragam, termasuk menjadi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Legislatif tahun 2009 dan Anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Sungai Kunjang Pada Pemilihan Gubernur Kaltim tahun 2018.

Selain itu, ia terlibat sebagai Anggota Panwascam Sungai Kunjang dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019.

Tak hanya berpengalaman dalam kepemiluan, Daini Rahmat juga memiliki latar belakang kerja yang beragam. Pada tahun 2007, ia pernah bekerja sebagai staf di PT. Samudra Indonesia, dan pada tahun 2012, ia menjadi staf operasional di CV. Deka Int’l.

Dalam bidang organisasi, Daini Rahmat telah aktif dalam berbagai kegiatan eksternal. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fekon Unmul pada tahun 2007, Sekretaris Umum HMI Cabang Samarinda pada tahun 2009-2010, dan Pengurus Besar PB HMI pada tahun 2011-2012 di Departemen Hubungan Luar Negeri.

BACA JUGA :  Pemuda 20 Tahun di Loa Bakung Tewas Tergantung, Kaki-Tangan Dalam Kondisi Terikat

Ia juga pernah menjadi Ketua Gabungan Serikat Buruh Islam Indonesia (GASBIINDO) Provinsi Kaltim pada tahun 2014.

Prestasi Daini Rahmat dalam dunia kepemiluan juga tidak dapat diabaikan. Ia telah menerima beberapa penghargaan yang menunjukkan dedikasinya dalam memastikan pemilihan yang berkualitas.

Salah satunya adalah Penghargaan sebagai Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Kota dengan kinerja terbaik se-Kalimantan Timur pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019.

Ia juga pernah meraih penghargaan sebagai Peserta Gerakan Pemilu Cerdas yang diselenggarakan oleh KPU Kaltim dan HMI Cabang Samarinda pada tahun 2008. Daini Rahmat juga telah menulis beberapa tulisan terkait dengan kepemiluan yang dipublikasikan di berbagai media. Termasuk sebuah opini di surat kabar harian Samarinda Pos dengan judul “Bahaya Money Politik, Masyarakat Harus Ikut Mengawasi,” serta artikel dalam buku tentang pentingnya penataan regulasi pemilu dan pemilihan tahun 2024.

Dalam pendidikan, Daini Rahmat telah menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman pada tahun 2011 dan saat ini sedang menyelesaikan program studi S2 di Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris.

BACA JUGA :  Kemenag Samarinda Gelar Penyuluhan Manasik Haji bagi Calon Haji 2024

Dengan latar belakang pendidikan yang kuat, pengalaman kerja yang beragam, dan keaktifannya dalam berbagai organisasi, Daini Rahmat memiliki bekal yang solid untuk menjadi anggota Bawaslu Kaltim.

Ia berkomitmen untuk menjaga integritas pemilihan, melindungi hak-hak pemilih, dan memastikan proses pemilu yang adil dan transparan.

Dalam sebuah pernyataan kepada Media Kaltim, Daini Rahmat mengungkapkan, “Saya merasa terhormat dan siap untuk mengemban tugas sebagai anggota Bawaslu Kaltim. Saya berjanji untuk menjalankan tanggung jawab ini dengan integritas dan keadilan. Pemilu yang bersih dan demokratis adalah pondasi kuat bagi kemajuan bangsa kita, dan saya akan berusaha keras untuk memastikan hal itu terwujud.”

Daini Rahmat juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk rekan-rekan sejawat, tokoh masyarakat, dan keluarga. Mereka melihat potensi dan dedikasi yang dimiliki oleh Daini Rahmat dalam menjaga keberlanjutan demokrasi di Kaltim.

Proses pemilihan anggota Bawaslu Kaltim masih berlangsung, dan hasil akhir akan diumumkan dalam waktu dekat. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Daini Rahmat telah menunjukkan kompetensi dan kualifikasi yang diperlukan untuk menduduki posisi penting tersebut.

Harapan seluruh masyarakat Kaltim adalah terpilihnya sosok yang memiliki integritas tinggi seperti Daini Rahmat untuk mengawasi dan memastikan pemilihan yang adil dan transparan di provinsi ini. (MK)

BACA JUGA :  Emak-emak Talang Sari Senam Sehat, Sofyan Hasdam Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Profil Daini Rahmat:

  1. Nama: H. Daini Rahmat SE, ME
  2. Tanggal Lahir: 22 Juni 1986
  3. Tempat Lahir: Samarinda, Kalimantan Timur
  4. Posisi Saat Ini: Komisioner Bawaslu Kota Samarinda
  5. Pendidikan:
    • Sarjana Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Mulawarman (2011)
    • Sedang menyelesaikan program studi S2 di Jurusan Ekonomi Syariah Universitas Islam Negeri Aji Muhammad Idris
  6. Pengalaman Organisasi:
    • Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN 1 Samarinda
    • Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Mulawarman
    • Ketua Komisariat Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Fekon Unmul
    • Sekretaris Umum HMI Cabang Samarinda
    • Pengurus Besar PB HMI di Departemen Hubungan Luar Negeri
    • Ketua Gabungan Serikat Buruh Islam Indonesia (GASBIINDO) Provinsi Kaltim
  7. Pengalaman Kepemiluan:
    • Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam Pemilihan Legislatif tahun 2009
    • Komisioner Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Sungai Kunjang dalam Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur tahun 2018
    • Anggota Panwascam Sungai Kunjang dalam Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif tahun 2019
  8. Penghargaan:
    • Divisi Hukum, Data, dan Informasi Bawaslu Kabupaten Kota dengan kinerja terbaik se-Kalimantan Timur pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019
    • Peserta Gerakan Pemilu Cerdas oleh KPU Kaltim dan HMI Cabang Samarinda tahun 2008
  9. Pengalaman Kerja:
    • Staf di PT. Samudra Indonesia (2007)
    • Staf Operasional di CV. Deka Int’l (2012)
  10. Komitmen: Menjaga integritas pemilihan, melindungi hak-hak pemilih, dan memastikan proses pemilu yang adil dan transparan.
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img