spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Membanggakan, Kontingen Cabor Layar Berau Persembahkan 7 Emas dan Kunci Gelar Juara Umum Kejurnas serta Kualifikasi PON XXI/2024


TANJUNG REDEB – Atlet layar Kabupaten Berau kembali mengukir sejarah dalam dunia olahraga Indonesia. Sebab telah mengunci gelar juara umum dalam pagelaran Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Kualifikasi PON XXI Tahun 2024. Hal tersebut merupakan bukti nyata dedikasi, kerja keras dan latihan yang tak kenal lelah.

Diketahui, kontingen Cabang Olahraga (Cabor) Layar Kalimantan Timur memiliki 24 atlet yang seluruhnya berasal dari Bumi Batiwakkal.

Para atlet berhasil menorehkan 13 medali, diantaranya 7 emas, 3 perak dan 3 perunggu. Keberhasil itu pun memperkuat dominasi cabor lahar Berau di kancah nasional.

Manajer Kontingen Cabor Layar Kaltim, Ida Nursanti menyebutkan bahwa pencapaian luar biasa para atlet tidak datang begitu saja. Tentu harus melalui latihan yang sangat intens dan melelahkan.

Dijelaskannya, para atlet dibimbing oleh tim yang sangat berkomitmen. Mulai dari segi persiapan hingga pelaksanaan pertandingan yang berlangsung di Jakarta selama lebih dari satu minggu.

“Saat para atlet tiba, mereka langsung menyesuaikan diri, tim dan official langsung menjalankan tugasnya masing-masing,” ungkap Ida saat tiba di Bandara Kalimarau pada Rabu (18/10/2023) lalu.

BACA JUGA :  Terus Komitmen Tingkatkan Kualitas UMKM, PT Berau Coal Kembali Gelar Pelatihan PIRT

Kerja keras yang dilakukan para atlet berhasil mengantar mereka menduduki gelar juara umum. Tentunya hal tersebut adalah kelanjutan dari prestasi memukau mereka sebelumnya di PON XX Papua 2021 lalu, yang mana mereka juga berhasil keluar sebagai juara umum.

Ida mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini, “Alhamdulillah perolehan medali kita pada ajang kali ini lebih banyak dari PON 2021 kemarin,” katanya.

Ia kemudian menceritakan perjalanan mereka di laut Jakarta, kondisi perairannya berbeda dengan Tanjung Batu, Kabupaten Berau. Meskipun sempat mengalami tantangan seperti terbaliknya kapal, kegigihan para atlet mampu menghadirkan hasil terbaik dan mengharumkan nama Bumi Batiwakkal sebutan Berau.

Kontingen Berau-Kaltim sebagai Juara Umum saat foto bersama Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (PB Porlasi), Laksamana Muda TNI Erwin S. Aldedharma di Indonesia National Sailing Centre, Jakarta.

Kesuksesan ini juga tidak lepas dari dukungan PT Berau Coal, yang berperan sebagai “bapak angkat” cabang olahraga layar Berau. Melalui Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Berau, dukungan ini telah berlangsung sejak tahun 2000 dan telah membantu perkembangan atlet-atlet layar Berau hingga mampu bersaing dengan baik di berbagai ajang kompetisi.

Ida Nursanti lalu menyampaikan apresiasi kepada PT Berau Coal, “Saya sebagai manajer Layar Kaltim merasa peran Berau Coal sebagai bapak angkat terus hadir mendukung. Dan kami berterima kasih akan hal itu,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kolaborasi Sigap Sejahtera dan PT Berau Coal, Target Majukan Potensi Kampung

Salah satu atlet Layar Kaltim yang patut diperhatikan adalah Adit, yang baru berusia 13 tahun. Ia berhasil meraih medali emas pada kategori Optimis Putra untuk Kalimantan Timur dan Berau. Meskipun tubuhnya kecil, Adit membuktikan bahwa ia mampu mengalahkan lawan dan menaklukkan laut Jakarta.

“Tidak ada rasa gugup, karena sudah berlatih sehingga saya cukup yakin, rileks, dan bermain seperti biasa saja,” kata Adit singkat.

Adit mungkin terlihat pendiam, namun prestasinya dengan medali emas adalah hasil dari perjuangan kerasnya selama berlatih di Tanjung Batu.

Ada pula Adelia, atlet layar Kaltim berusia 15 tahun yang sukses meraih medali emas dalam nomor tanding Optimis Putri, membawa kegembiraan bagi Kaltim dan Berau. Meskipun dia terlihat agak malu, senyumnya menggambarkan kebahagiaannya.

Selain meraih medali emas, perjalanan pertamanya ke Jakarta kali ini merupakan suatu pengalaman berharga baginya. Ia mengaku melihat banyak kontingen dari daerah lain yang juga tampil hebat, namun itu tidak mengurangi semangat dan kemampuannya untuk menaklukkan laut Jakarta.

BACA JUGA :  Peduli Masyarakat Lingkar Tambang, PT Berau Coal Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

“Ada beberapa (yang tampil hebat), dari Kepulauan Riau hingga Sulawesi Selatan,” imbuhnya.

Sementara, Corporate Communication Superintendent PT Berau Coal, Rudini menyambut kedatangan kontingen Berau Kaltim dengan apresiasi yang tinggi.

“Perjuangan para atlet layar yang masih sangat muda begitu luar biasa dan patut kita apresiasi. Berhasil membawa pulang 7 emas merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan tentu semakin mengangkat nama cabor layar Berau dan Kaltim di kancah nasional,” ungkapnya.

Ia juga menekankan komitmen PT Berau Coal terhadap dunia olahraga, “PT Berau Coal percaya, olahraga memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental masyarakat khususnya generasi muda serta mampu mengembangkan potensi bakat lokal. Oleh karena itu kita turut bangga dapat mengambil peran sentral dalam mengembangkan cabor layar Berau yang saat ini semakin unggul di nasional dan sudah beberapa kali meraih prestasi di kancah internasional,” tandas Rudini. (adv/dez)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img