spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mampu Menyulap Wilayah, Tim Verifikasi Lomba PKK Bangga Kencana Kesehatan Kaltim Puji Kampung Keluarga Berkualitas

SAMARINDA – Kompak dan gigihnya warga Kelurahan Bandara, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, telah mengubah wilayah mereka menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, dan ini mendapat pujian dari Tim Verifikasi Lomba PKK Bangga Kencana Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua Tim Verifikasi, Aris Ananta, menyampaikan pujian ini saat melakukan kunjungan lapangan ke sekretariat Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri di Kelurahan Bandara, Kecamatan Sungai Pinang, Jalan Gatot Subroto Gang 11.
Kunjungan ini merupakan perwakilan dari Kota Samarinda dalam lomba tingkat provinsi Kalimantan Timur pada Kamis (16/11/2023).

Aris mengatakan bahwa dia telah melihat banyak perubahan yang terjadi. “Selama saya kuliah, saya sering berkunjung ke sini, ke rumah teman di depan masjid belakang ini. Kadang-kadang saya juga membantu memperbaiki komputer di rumah teman,” ujar Aris.

Dia juga menyatakan bahwa profil Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri sangat mengesankan. “Profil yang kami terima memang sangat bagus. Namun, kami akan melakukan verifikasi lapangan untuk memastikan apakah profil ini sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Jika sesuai, maka nilai tidak akan berubah,” ungkap Aris, yang didampingi oleh tim penilai dari BKKBN Provinsi Kaltim, Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, serta PKK Provinsi Kaltim.

BACA JUGA :  Wali Kota Samarinda Resmikan Sejumlah Fasilitas di Lapas Samarinda

Sebelumnya, Wali Kota Samarinda yang diwakili oleh Staf Ahli Wali Kota Samarinda, Herry Suryansyah, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Tim Verifikasi yang telah melakukan penilaian melalui verifikasi data dan dokumen, serta kunjungan lapangan ke Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri.

“Kegiatan ini sangat baik untuk memotivasi masyarakat agar bersatu dalam partisipasi membangun Kota Samarinda. Saya juga berharap agar lembaga yang terkait dapat aktif dalam mendukung pelaksanaan penilaian lomba PKK-Bangga Kencana-Kesehatan,” ucapnya.

Dia juga menyatakan bahwa Kampung Keluarga Berkualitas memiliki peran penting dalam pembentukan Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas melalui pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam semua aspeknya.

“Kami yakin bahwa keluarga yang damai, mandiri, dan bahagia akan melahirkan generasi unggul, berkualitas, dan berkepribadian kuat yang akhirnya akan berkontribusi pada pembangunan negara secara umum. Kami juga berharap bahwa pengembangan Kampung Keluarga Berkualitas akan menjadi akselerator dalam menangani masalah yang perlu segera diatasi, seperti stunting dan kemiskinan ekstrem,” harapnya.

BACA JUGA :  Audit Ruang Bermain Ramah Anak, Pemkot Samarinda Akan Perbaiki Taman Cerdas

Dia juga menyebutkan bahwa kebijakan dalam mengoptimalkan pelaksanaan Kampung Keluarga Berkualitas sejalan dengan program Pro Bebaya, yang merupakan program unggulan Wali Kota Samarinda, bertujuan untuk membangun masyarakat berbasis keluarga, meningkatkan kesejahteraan, dan memenuhi kebutuhan masyarakat melalui integrasi program lintas sektor.

Beberapa inovasi yang diterapkan oleh Kampung Keluarga Berkualitas Bandara Berseri antara lain Rumah Singgah Cegah Stunting (RANTING), Kebun Cegah Stunting (BUNTING), Remaja Peduli Stunting (Remaja Penting), Orang Tua Asuh Stunting, Kegiatan Berbagi Kampung KB Bandara Berseri, Jelantah Untuk Stunting (Jelanting), dan Sosialisasi Layanan “Keren Terpadu” (Keluarga Berencana Terintegrasi Kependudukan).

Turut hadir dalam kesempatan ini Camat Sungai Pinang, Siti Hasanah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, I Gusti Ayu Sulistiani, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Samarinda, Isfihani, pimpinan Puskesmas, Wakil Ketua TP PKK Kota Samarinda, Ardaniah, Ketua Kampung Berkualitas se-Kota Samarinda, tokoh masyarakat, pemangku kepentingan, serta Ketua RT Kelurahan Bandara. (KMF/ADV/MK)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img