spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lomba Balap Sepeda Jelajah IKN Sukses Digelar

PPU – Event Balap Sepeda Cross Country dan Adventure Sepeda gunung (MTB) sukses digelar. Ratusan peserta bersepeda menjelajahi Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam acara kelas nasional ini, Sabtu-Minggu (20-21/5/2023).

Acara besutan BPC Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) PPU ini diikuti lebih dari 200 peserta dalam berbagai kategori. Mereka berasal dari berbagai daerah di Kaltim, mulai dari lokal PPU hingga daerah lainnya seperti Paser, Balikpapan, Samarinda, dan Bontang.

Ada pula peserta dari luar Kaltim seperti dari Kalimantan Selatan (Kalsel), beberapa dari Pulau Sulawesi, dan Pulau Jawa. Lokasi sirkuit berada di Kampung Inggris Sansis Children Kelurahan Lawe-Lawe, Penajam.

Mereka ikut serta dalam dua kelas perlombaan, yaitu kelas XC Race dengan tujuh kategori: Men Elite usia 19-30 tahun, Master A usia 31-40 tahun, Master B usia 41-50 tahun, Master C usia 51-60 tahun, Junior di bawah 18 tahun, Local Open, dan kategori Women Open. Kemudian kelas Mountain Bike Adventure Nusantara yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu kategori laki-laki dan kategori perempuan.

BACA JUGA :  Plt Bupati Hamdam Ajak Pegawai Kurangi Makan Enak

Ketua BPC PHRI PPU, Sandry Ernamurti, mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut salah satunya adalah untuk mendukung peningkatan sektor perekonomian di PPU. Lebih spesifik lagi, memicu pertumbuhan pembangunan di sektor kepariwisataan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada seluruh peserta bahwa inilah sisi lain dari PPU yang ditetapkan sebagai IKN, bukan hanya di Kecamatan Sepaku. Tetapi ada juga Kabupaten PPU yang menjadi serambinya Nusantara yang dicanangkan oleh Bupati PPU, Bapak Hamdam,” ungkapnya, yang juga Ketua Panitia Acara.

Dalam penyelenggaraan event ini, BPC PHRI PPU bekerja sama dengan komunitas-komunitas pesepeda yang ada di PPU. Mereka bersama-sama mempersiapkan event ini selama dua bulan terakhir.

Atas kesuksesan acara ini, Sandry mengungkapkan apresiasinya pada seluruh panitia dan semua peserta yang telah bersama-sama mendukung acara ini, termasuk pula jajaran pemerintahan.

“Kami sampaikan terima kasih kepada Bapak Hamdam dan seluruh peserta Cross Country Race Nusantara maupun MTB, karena telah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati PPU Hamdam Pongrewa hadir langsung dan melepas secara resmi peserta Cross Country Race Nusantara dan MTB Adventure. Menurutnya, kegiatan ini merupakan aksi positif yang perlu terus mendapatkan dukungan.

BACA JUGA :  Ali Yamin Ishak Terpilih Sebagai Ketua KPU PPU, Siap Perkuat Sinergitas Penyelenggaraan Pemilu

Sebab, melalui acara seperti ini peserta dapat berinteraksi dengan alam langsung sekaligus menyalurkan hobi. Di satu sisi, ini juga memicu minimnya kegiatan beberapa tahun terakhir karena pandemi Covid-19.

Belum lagi, bersepeda merupakan kegiatan olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi pelakunya. “Nah, momentum hari ini harus kita jadikan untuk kembali menggalakkan hobi bersepeda. Karena selain membuat kita sehat, bisa juga menghasilkan atlet-atlet yang berprestasi,” ujarnya.

Tentu melihat respons positif panitia dan peserta, ia sebagai pemerintah memastikan dukungan keberlanjutan kegiatan serupa ini. Mengingat olahraga bersepeda juga merupakan salah satu cabang olahraga resmi yang selalu dipertandingkan dalam event-event baik tingkat lokal, nasional, maupun internasional.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten PPU, kami mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Semoga ke depan kegiatan-kegiatan semacam ini semakin sering dilakukan untuk memperkenalkan daerah dan menciptakan atlet-atlet bersepeda PPU yang akan membawa nama daerah Kabupaten PPU.”

Sehingga, sambungnya, dirinya berharap melalui kegiatan tersebut akan menciptakan atlet-atlet bersepeda asal PPU yang siap membawa nama daerah ke depan. “Terima kasih sekali lagi kami ucapkan kepada panitia penyelenggara dan pihak-pihak terkait lainnya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkas Hamdam. (SBK)

BACA JUGA :  Presiden Buka Aliran Perdana Bendungan Sepaku-Semoi, Ribuan Warga Sepaku Krisis Air Bersih
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img