spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Legislator ini Usulkan Jalan Negara di Kaltim  Dialihkan ke Provinsi, Terkait Percepatan Perbaikan

SAMARINDA – Untuk percepatan pembangunan dan perbaikan jalan yang berstatus jalan negara di Kalimantan Timur, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur, Salehuddin  berharap statusnya diserahkan ke provinsi Kaltim.

Salehuddin mengatakan hingga saat ini perbaikan jalan negara yang menjadi jalan utama harus menunggu anggaran dari program pemerintah pusat. Padahal kondisi ruas jalan sudah banyak yang rusak dan berlubang.

Menurut Salehuddin Pasilitas, kondisi jalan yang bagus sangat penting sebagai penunjang ekonomi, mobilitas barang dan transportasi masyarakat, jika akses jalan rusak dan berlubang maka pastinya akan menggangu kehidupan masyarakat.

“Tentunya kita prihatin ya, contohnya jalan dari Samarinda menuju Sendawar atau Kutai Barat, di beberapa titik masih banyak jalan yang rusak. Tentu ini mengganggu dan memperlambat perkembangan pembangunan,” ujar Anggota DPRD asal Kukar ini.

Untuk mengatasi masalah ini, Salehuddin berpendapat bahwa pemindahan pengelolaan jalan negara ke provinsi dapat menjadi solusi yang efektif. Dengan memiliki kendali penuh atas pengelolaan jalan, pemerintah provinsi dapat lebih responsif dalam melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan yang rusak.

“Coba jalan itu diserahkan ke provinsi maka kita nggak harus menunggu pusat lagi. Bisa  kita suarakan di provinsi penganggarannya, saya rasa perbaikannya akan lebih cepat karena memangkas jalur administrasi yang jauh ke pusat,” jelasnya.

Selain itu, Salehuddin juga mengungkapkan harapannya bahwa dengan adanya pemindahan pengelolaan, pemerintah provinsi dapat mengalokasikan dana yang lebih besar untuk pembangunan dan perbaikan jalan.

“Hal ini diharapkan dapat mempercepat proses perbaikan dan meningkatkan kualitas infrastruktur jalan di Kalimantan Timur,” imbuhnya.

Salehuddin berharap agar pemerintah pusat dapat mempertimbangkan usulan ini dan bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kondisi jalan di Kalimantan Timur.

“Saya meyakini bahwa dengan kerjasama yang baik, pembangunan jalan yang lebih baik dan kondisi jalan yang lebih baik dapat terwujud, ” tutup Salehuddin. (Adv/DPRDkaltim/Han)

Pewarta : Hanafi
Editor : Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img