spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

KPU Kubar: Surat Suara Masih Proses Pencetakan, Dipastikan Tuntas Lebih Awal

KUTAI BARAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menyampaikan data rekapitulasi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Umum Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kutai Barat provinsi Kalimantan Timur.

Jumlah pemilih  di Kutai Barat sebanyak 125.137 orang yang  terbagi dalam kategori terdiri dari Pre Boomer usia 78 Tahun sebanyak 1.266 orang, kemudian Baby Boomer usia 59-77 tahun tercatat sebanyak 12.790 orang. Pada pemilih Gen X usia 27-58 tahun ada 35.592 orang sedangkan pemilih Milenial usia 27-42 berjumlah 44.207 orang. Terakhir,  pada pemilih Gen Z usia 11-26 tahun itu 31.262 orang.

Selain terkait data pemilih dijelaskannya juga soal pendistribusian baik untuk kotak suara dan surat suara yang akan dipergunakan pada pemilihan presiden dan wakil presiden,DPR RI,DPD,DPRD provinsi dan DPRD Kabupaten/kota pada pemilu 2024 mendatang.

Ketua KPU Kutai Barat, Arkadius Hanye menjelaskan, surat suara pada pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan anggota DPR RI yang mengadakan adalah wewenangnya KPU RI.

Sedangkan  untuk surat suara pada pemilihan anggota DPD RI, DPRD provinsi, DPRD Kabupaten/Kota  ini diadakan oleh KPU Provinsi Kaltim. “Dan sekarang sedang dalam proses cetak di masing – masing percetakan,” ujar Arkadius, Rabu (6/12/23).

BACA JUGA :  9 Personel Kodim 0912 Kubar Naik Pangkat

Selain itu, Arkadius menjelaskan, untuk  kotak suara dan bilik suara sudah diterima oleh KPU Kutai Barat.

“Kalau untuk surat suara masih dicetak sehingga belum ada perindustribusiannya. Kemungkinan (pendistribusiannga) akan dilakukan sebelum  tanggal 14 Februari 2024,” imbuhnya.

Adapun Arkadius turut menambahkan, surat suara yang akan digunakan itu sudah dilipat oleh pihak percetakan. Pihak KPU Kutai Barat hanya melakukan sortir dan melakukan pengepakan untuk dikirim ke masing – masing tempat pemungutan suara sesuai jumlah sebanyak 532 TPS bersama dengan kebutuhan pemungatan dan penghitungan suara lainya.

Pewarta : Ichal
Editor  : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img