spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jembatan Long Melahan Jadi Penunjang Perekonomian Masyarakat Mahulu

MAHAKAM ULU – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Mahakam Ulu telah menyelesaikan pembangunan jembatan yang terletak di Kampung Long Melaham Kecamatan Long Bagun diresmikan oleh bupati Bonifasius Belawan Geh.

Kepala DPU-PR Mahakam Ulu Didik Subagia mengatakan, Jembatan Long Melaham ini yang dikenal oleh masyarakat Mahulu yaitu Jembatan Lome, yang telah dibangun pemerintah Mahulu sejak tahun 2020 lalu. Pekerjaan jembatan ini sempat terkendala karena saat itu penganggaranya baru mencapai 58,56 persen.

“Nilai kontrak Rp 63 miliar pada tahun 2020, menggunakan anggaran dari anggaran APBD dan bantuan keuangan Bankeu Kaltim,” ujarnya.

Pembangunan jembatan Long Melaham (Lome) ,ini kembali dianggarkan sebesar Rp 33,4 miliar yang bersumber dari dana APBD tahun 2022.

Setelah jembatan ini selesai dibangun ,pada tanggal 27 September  tahun 2022 lalu dilakukan uji kelayakan.

“Setelah dinyatakan layak, dan  akhirnya pada tahun ini bertepatan dengan HUT ke-10 Kabupaten Mahakam Ulu jembatan ini diresmikan,” ujarnya.

Pada tahun 2020 pengerjaan jalan ini masih memiliki masalah karena anggaran belum mencukupi. “Saat itu kan anggaran baru terserap sebesar Rp.58,56 persen, sehingga baru bisa melakukan pembelian lahan,” ucapnya.

Didik Subagia berharap jembatan ini mampu memberikan solusi dan membuka akses yang luas bagi masyarakat .

“Besar harapan kami dengan berfungsinya jembatan ini semakin memperluas jangkauan kita ,khususnya bagi wilayah perbatasan yang selama ini sulit diakses. Khususnya akses orang dan barang ke perbatasan,” imbuhnya.

Dikatakan, selama ini menjadi kendala  besar Mahakam Ulu karena akses jalan dan jembatan yang kurang mendukung mengakibatkan aktivitas masyarakat terhambat.

“Kita harapkan ke depannya Mahakam Ulu semakin baik,khususnya dalam menunjang prekonomian masyarakat. Jembatan ini dapat berfungsi masksimal dan bermanfaat untuk masa depan masyarakat Kabupaten Mahulu,” tutupnya.

Pewarta : Ichal
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img