spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Jelang Pemilu, 32 Puskesmas se-Kukar Siap Layani Pemeriksaan Calon Anggota KPPS

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) memberikan dukungan dalam rangka menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya dengan menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Hal ini  berdasarkan MoU Nomor 3/PK.07-NK/01/KPU/III/2020 dan Kepmenkes Nomor HK.03.01/MENKES/124/2020 tentang Dukungan Pemeriksaan Bagi Calon Anggota dan Sekretariat Pemungutan Suara, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih/Panitia Pendaftar Pemilih dan Petugas Ketertiban dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilgub, Pilbup dan Pilwalkot.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar, dr Martina Yulianti, mengatakan bahwa 32 Puskesmas di 20 kecamatan siap untuk memfasilitasi pemeriksaan kesehatan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), segala menjadi syarat utama yang harus dilengkapi.

“Dinkes melalui fasilitas kesehatan yang ada selalu berkomitmen untuk memberikan kontribusi sesuai bidang keahliannya, untuk turut mensukseskan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan digelar” ungkap dr Yuli.

Memastikan kondisi petugas yang terlibat dalam pemungutan suara, memang diharuskan mendapatkan pemeriksaan yang rinci. Di antaranya, tentang status kesehatan yang bersangkutan, apakah memiliki tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, atau penyakit jantung. Hal ini dimaksudkan agar para petugas yang akan menjalankan tugasnya pada hari pemungutan suara, merupakan petugas yang fit dan tidak mudah mengalami kelelahan.

Terpisah, Kepala Puskesmas Bunga Jadi, Muhammad SKM, menjelaskan bahwa tugas ini merupakan bagian dari kontribusi dalam menyukseskan rangkaian Pemilu Serentak 2024 mendatang. Sejumlah pemeriksaan mendetail pun dilakukan oleh Puskesmas Bunga Jadi, Kecamatan Muara Kaman. Yakni meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti gula darah, kolesterol dan tekanan darah.

“Harapan kita, semua akan berjalan lancar tanpa kendala pada hari H nanti, karena petugasnya telah dipilih yang memang sehat,” tutup Muhammad.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinkes Kukar, pertanggal 21 Desember 2023, dari 26 puskesmas yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan, sudah ada sebanyak 12 ribuan calon anggota KPPS yang melakukan proses pemeriksaan kesehatan. Dari total 15.883 anggota KPPS yang bertugas di 2.269 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Penulis : Muhammad Rafi’i
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img