spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Irwan Sambangi Pertanian di Anggana, Komit Akan Benahi Infrastruktur Pertanian

KUKAR – Anggota Komisi V DPR RI, Irwan, menyambangi Desa Sidomulyo, Anggana Kutai Kartanegara, Minggu (26/2/2023). Dalam kesempatan tersebut ia meninjau lahan pertanian seluas 170 hektar.

Ia menjelaskan bahwa pertanian di Desa Sidomulyo memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itu, sejak tahun 2020 ia telah mengalokasikan program padat karya yakni Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air lrigasi (P3-TGAI).

“Sejak tahun 2020 program P3TGAI masuk terus di sini. Programnya itu irigasi untuk petani, kita buatkan aliran airnya kemudian irigasi kita cor. Dan yang mengerjakan itu petaninya,” jelasnya.

Selain itu Irwan menyampaikan bahwa hasil pertanian di desa tersebut, kerap tidak maksimal. Muasabab, lahan dan jalan tani di desa tersebut acap kali tergenang air. Sehingga ia berkomitmen untuk memberikan program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah (pisew).

“Tahun depan saya alokasikan program pengembangan infrastruktur sosial ekonomi wilayah di sini. Agar kita bisa kerasin dulu (jalannya), sambil menunggu permasalahan tanggul diselesaikan. Baru kita cor,” ucapnya.

“Jadi kalau jalan usaha tani bagus, dan air diirigasi teraliri sepanjang tahun itu bagus. Saat panen bisa dimemastikan panennya bisa terangkut keluar. Nah kita mau integrasikan ini,” sambungnya.

BACA JUGA :  PWI dan Polres Kukar Sukses Gelar Lomba Karya Foto HPN 2022

Ketua DPD Demokrat ini menambahkan, ia juga akan mengalokasikan bantuan untuk desa sebesar Rp500 juta untuk integrasi lahan pertanian dengan program desa wisata.
“Saya juga sudah bicara dengan pak Kades, karena sawahnya dan pemandangan bagus. Nanti kita integrasikan dengan desa wisata. Karena kami ada program desa wisata, bantuan untuk desa Rp 500 juta. Nanti bisa buat gazebo wisata dan menjadi pilot project percontohan Agro Wisata. Dapat dari padinya dan kunjungan wisatawannya jadi petaninya semakin sejahtera,” pungkasnya. (eky)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img