spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hari ini, Semua Wilayah di Kaltim Diprakirakan Hujan Petir

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan semua daerah (kabupaten/kota) di Provinsi Kaltim mengalami hujan petir yang disertai angin kencang pada Jumat (21/7), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

“Dampak hujan petir dan angin kencang antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, tanah longsor dan lainnya,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Idham Chalid di Balikpapan, Kamis (20/7/2023).

Rinciannya antara lain di Kota Balikpapan hujan petir berpotensi terjadi sekira pukul 11.00 WITA di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Kecamatan Balikpapan Utara.

Di Kota Samarinda hujan petir diprakirakan terjadi juga sekira pukul 11.00 pada empat kecamatan yakni Kecamatan Loa Janan Ilir, Sungai Kunjang, Palaran, dan Kecamatan Samarinda Seberang.

Untuk Kota Bontang, hujan petir diprakirakan terjadi 14.00 WITA di Kecamatan Bontang Utara, Bontang Selatan, dan Bontang Barat.

Di Kabupaten Berau hujan petir diprakirakan terjadi pukul 11.00 di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk, pukul 17.00 di Kecamatan Kelay dan Segah.

BACA JUGA :  Jelang Ramadan, Harga Beras dan Telur di Balikpapan Meroket

Untuk Kabupaten Kutai Barat sekira pukul 11.00 hujan petir di Kecamatan Bentian Besar, Bongan, Siluq Ngurai, pukul 17.00 WITA di Kecamatan Sendawar, Mook Manaar Bulatn, dan Kecamatan Tering.

Kabupaten Kutai Kartanegara sekira pukul 11.00 hujan petir hanya terjadi di Kecamatan Sanga-Sanga, sedangkan sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan, pukul 14.00 dan 17.00 hujan petir di Kecamatan Kembang Janggut.

Di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir sekira pukul 11.00 hanya terjadi di Kecamatan Sandaran, sementara sebagian besar kecamatan lainnya hujan ringan sejak pukul 08.00.

Sekira pukul 11.00 hujan petir diprakirakan terjadi di enam kecamatan yakni Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesangat, Muara Bengkal, Telen, dan Kecamatan Teluk Pandan.

Pukul 17 00 hujan petir di 10 kecamatan yakni Kecamatan Batu Ampar, Karangan, Kongbeng, Muara Ancalong, Muara Wahau, Busang, Long Mesangat, Muara Bengkal, Teluk Pandan, dan Kecamatan Telen.

“Untuk Kabupaten Paser, hujan petir diprakirakan terjadi sekira pukul 11.00 di tiga kecamatan, Batu Sopang, Muara Komam, dan Kecamatan Long Ikis,” kata Idham. (Ant/MK)

BACA JUGA :  Baru Menjabat Kapolresta Balikpapan, Inilah Program Kerja AKBP Anton Firmanto

Pewarta : M.Ghofar

Editor : Erafzon Saptiyulda AS

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img