spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hadiri COP27 di Mesir, Ardiansyah Sempatkan Waktu Bertemu Mahasiswa Kutim

SANGATTA– Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menjadi salah satu Delegasi Indonesia pada acara Climate Change Conference. Kegiatan skala internasional tersebut diselenggarakan di Sharm el-Sheikh, Mesir pada tanggal 6 – 18 November 2022.

Selain menghadiri COP27 sebagai keynote speaker, Ardiansyah juga melaksanakan kegiatan lain di antaranya silaturahmi dengan pelajar atau mahasiswa Kaltim di Kairo.

Acara digelar melalui kegiatan silaturahmi pelajar dan mahasiswa Kaltim di Mesir, Minggu (13/11/2022) di River Boat Nile Cruise.

Dubes RI untuk Mesir yang diwakili oleh pelaksana fungsi kegiatan sosial budaya Kedubes Mesir Bambang Suyadi  menyampaikan, ucapan selamat datang kepada rombongan dari Kaltim yakni Gubernur Isran Noor dan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman.

Pihaknya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena di sela padatnya kegiatan COP27 menyempatkan diri, untuk bertemu dengan pelajar dan mahasiswa Kaltim yang menuntut ilmu di Kairo.

“Tentu saja hal ini akan menjadi motivasi bagi mereka,” ujar Bambang melalui rilis yang diterima Media Kaltim, Selasa (15/11/2022).

Bambang menyebutkan sampai saat ini tercatat sebanyak 12 ribu mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar. Sekitar 20-25 persen adalah mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di Al-Azhar, mereka merupakan mahasiswa Indonesia.

“Khusus untuk mahasiswa Kutim tercatat sebanyak 9 mahasiswa yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar,” ujarnya.

Pada tahun 2021 tercatat mahasiswa Indonesia yang diterima sebanyak 2.700 orang, tetapi yang lulus tahun 2022 hanya 886 orang. Oleh karenanya masih ada gap yang cukup besar.

Dengan kedatangan Gubernur bersama Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih giat belajar dan bisa lulus tepat waktu.

“Apalagi kami dengar bahwa dukungan Pemprov Kaltim dan Pemkab Kutim di sektor pendidikan sangat besar, salah satunya melalui pemberian beasiswa,” sebutnya.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dalam kesempatan acara silaturahmi itu menyatakan bahwa Kaltim khususnya Kutim sangat membutuhkan SDM yang handal dan berkualitas. Di antaranya alumni mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Al-Azhar untuk membangun Kaltim khususnya Kutim.

“Untuk sektor pendidikan Pemkab Kutim pada tahun 2022 ini telah mengalokasikan beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa Kutim baik yang menempuh pendidikan di Kutim maupun di luar Kutim,” tutupnya. (ref/ADV)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img