Sabtu, November 27, 2021
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Gelar Piala Direktur Politani 2021, Olahraga Mahasiswa Kaltim Diharapkan Menggeliat Lagi

SAMARINDA – Piala Direktur Politeknik Pertanian Negeri Samarinda (Politani Samarinda) kembali digelar tahun ini. Tiga cabang olah raga diperlombakan pada turnamen yang diselenggarakan 15 November-5 Desember 2021, yaitu bola voli, sepak bola, dan futsal.

Turnamen yang melibatkan seluruh perguruan tinggi di Kaltim serta undangan untuk sekolah menengah ini disambut gembira. Terbukti sebanyak 15 perguruan tinggi telah mendaftar mulai dari Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Widyagama Mahakam (UWGM), Universitas Mulia (UM) Balikpapan, Praja PIN Unmul Kaltim, Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta), dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

Kemudian ada Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI), Universitas Tujuhbelas Agustus (Untag) Samarinda, STIMIK Wicida, IKIP PGRI Kaltim, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Pertanian Negeri Samarinda, Politeknik Negeri Balikpapan, Stikes Dirgahayu, dan Stiper Kutai Timur. “Ini merupakan tanda bahwa dunia olah raga perguruan tinggi di Kalimantan Timur mulai menggeliat,” ujar Direktur Politani Samarinda Hamka didampingi Wakil Direktur III Husmul Beze.

Selain perguruan tinggi, sejumlah sekolah menengah dipastikan akan ikut meramaikan turnamen. “Ada SMKN 2 Balikpapan, SMKN 3 Balikpapan, SMAN 5 Samarinda dan SKOI Kaltim,” tambah Hamka.

Dijelaskannya, Piala Direktur Politani 2021 merupakan bentuk partisipasi Politani dalam menggairahkan kembali iklim olah raga di Kalimantan Timur dan sekolah menengah.
“Protokol kesehatan tetap menjadi acuan utama kegiatan (turnamen),” tegas lelaki kelahiran Makassar ini.

Piala Direktur Politani Samarinda, menurut Hamka, merupakan salah satu terjemahan pihaknya atas keinginan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi untuk melakukan penguatan terhadap pengembangan soft skill mahasiswa di Kaltim. Lewat kegiatan ini, harap dia, minat dan bakat mahasiswa banyak dilatih tentang soft skill.

Mulai dari soal kerja sama tim, kedisiplinan dalam berlatih, kesungguhan dalam beraktivitas hingga kepemimpinan dalam tim. “Semua kemampuan tersebut banyak diasah pada kegiatan seperti ini,” ucapnya.

Hamka meyakini, dengan adanya peningkatan soft skill di kalangan mahasiswa maka pintu kesuksesan akan terbuka, begitu mereka lulus kuliah. “Sebab kesuksesan itu delapan puluh persennya ditunjang dari kemampuan soft skill ini,” ungkapnya. Hamka juga menyebutkan, Piala Direktur pernah digelar sebelumnya. “Dan sekarang kita hidupkan kembali,” ujarnya.

Sekadar informasi, pada cabang Sepak Bola bola keluar sebagai juara 1, 2 dan 3 adalah, SMK Medika, Penjas Universitas Mulawarman dan SKOI Kaltim. Di Cabang Bola Voli Putri, tampil sebagai juara 1, 2 dan 3 adalah SMAN 5 Samarinda, Politani Samarinda dan SMKN 3 Balikpapan. “Saat ini sedang berlangsung cabang sepak bola di Lapangan Komura Samarinda Seberang,” pungkasnya. (rls/bz)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mengendarai Motor, Pria Misterius Ceburkan Diri ke Sungai Mahakam

0
SAMARINDA - Seorang pria yang belum diketahui identitasnya nekat bersama sepeda motornya menceburkan diri ke Sungai Mahakam, di Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan...

Pengendara Tewas di Jalan Rusak Bonles, Nursalam: Keluarga Korban Bisa Menuntut

0
BONTANG – Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Jalan Soekarno-Hatta Kelurahan Bontang Lestari pada Kamis (25/11/2021) malam, mendapat sorotan dari sejumlah pihak. Termasuk kalangan pengusaha...