spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo Gelar Bimtek Guna Antisipasi Serangan Insiden Siber

SAMARINDA – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, pada Kamis 20 Juli 2023 akan menggelar Bimbingan Teknis Kesiapsiagaan Penanganan Insiden Siber tahun 2023.

Kegiatan akan berlangsung di Swiss-Belhotel Balikpapan dan akan dibuka secara resmi olah Wakil Gubernur Kaltim.

Kabid TIK dan Persandian, Dianto menuturkan digelarnya Bimtek sebagai upaya dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam mengahadapi serangan insiden siber.

Sekarang ini sebutnya, penggunaan data maupun data Pemerintah banyak yang bocor. Mudah – mudahan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan keamanan informasi dan mencegah kebocoran.

Sebagai upaya untuk menangani serangan siber, Dianto meminta setiap instansi harus memiliki solusi keamanan siber yang mampu menghentikan ancaman tersebut.

Sambungnya, data pribadi, Pemerintahan serta keuangan sangat pentingn dan harus dilindunginagar dipergunakan dengan benar.

“Pengelola IT di setiap Instansi harus memahami pentingnya data yang kita olah itu agar tidak kena hacker,”pintanya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (18/7).

Penanganan dan pengelolaan insiden siber merupakan komponen penting dalam kelangsungan sebuah institusi atau organisasi, termasuk sektor pemerintah daerah.

BACA JUGA :  Ridwan Kamil Ikut Berkemah di IKN, Bawa Tanah dan Air dari 27 kabupaten/kota di Jabar

Bimtek sendiri akan diikuti 100 peserta dari Perangkat Daerah Kaltim maupun Kabupaten dan Kota. Dengan menghadirkan dua narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI.

Tambahnya pada Bimtek tersebut juga akan dilakukan coaching clinc penanganan serangan. (adv/diskominfokaltim)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img