spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ciptakan SDM Yang Unggul dan Berkualitas, Poltek Simas Berau Coal Luluskan 79 Wisudawan

TANJUNG REDEB – Poltek Simas Berau Coal menggelar wisuda ke-2 untuk 79 wisudawan dari tiga program studi (prodi), yakni jenjang Diploma III jurusan survei dan pemetaan serta jurusan perawatan mesin. Lalu Diploma IV jurusan teknologi rekaya logistik.

Acara yang berlangsung di Hotel Bumi Segah pada Selasa (10/1/2023) itu melahirkan lima wisudawan wisudawati terbaik. Salah seorang diantaranya, Tedy Rahwana dari prodi perawatan mesin mengaku dirinya lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi, yakni 3,72.

“Alhamdulillah saya lulus dengan nilai IPK yang tinggi, tentu ini menjadi kebanggan sendiri karena telah mencapai prestasi baik,” ucapnya.

Setelah wisuda, dirinya mengaku telah berkerja disalah satu perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan. “Setelah menempuh pendidikan di Poltek Simas Berau Coal, saya harap ilmu yang sudah saya pelajari dapat diterapkan dengan baik,” tuturnya.

Dia pun berharap untuk kedepannya Poltek Simas Berau Coal tetap jaya dan lebih baik lagi. Lalu, Tedy juga berterima kasih kepada PT Berau Coal, Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal dan seluruh mitra kerja.

“Semoga Poltek Simas Berau Coal dapat menjadi kebanggaan masyarakat Berau karena telah melahirkan para wisudawan yang baik,” ucapnya.

Sementara, Direktur Poltek Simas Berau Coal, Kris Adi Nugraha mengungkapkan, para wisudawan wisudawati yang lulus pada sidang senat terbuka wisuda ke-2 itu rerata menjalani pendidikan selama 3 tahun untuk D III dan 4 tahun untuk D IV.

“Saya juga bangga dengan mahasiswa yang wisuda kali ini. Apalagi sebagian dari mereka sudah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya,” katanya.

Dipaparkannya, dari 79 wisudawan tersebut, diantaranya 21 mahasiswa dari Teknologi Rekayasa Logistik, 21 mahasiswa Perawatan Mesin, serta 37 mahasiswa studi survey dan pemetaan.

“Dalam menghadapi daya saing pasca wisuda, kami sudah memberikan bekal softskill dan hardskill. Sehingga, mereka bisa terjun langsung ke dunia pekerjaan,” terangnya.

Dia membeberkan, materi pembelajaran yang diberikan mahasiswa selama pendidikan sudah melibatkan seluruh stakeholder, terkhusus pegiat industri di Bumi Batiwakkal.

“Maka dari itu, setelah para mahasiswa wisuda, tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mereka menunjukkan kapasitas terbaiknya sebagai lulusan Poltek Simas Berau Coal di dunia industri tempatnya bekerja,” imbuhnya.

Kris juga mengucapkan selamat kepada wisudawan dan mengapresiasi kepala prodi, pembimbing tugas akhir, serta dosen yang telah bekerja keras dan berdedikasi tinggi karena telah membimbing para mahasiswa selama menjalani pendidikan.

“Saya harap para wisudawan tidak berhenti belajar dan menerapkan dengan baik ilmu yang telah didapat dalam dunia kerja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah (LLDIKTI) XI Kalimantan, Muhammad Akbar juga berterima kasih kepada PT Berau Coal. Terkhusus pengurus yayasan yang telah menyalurkan tenaga dan pikiran.

“Saya juga berterima kasih kepada Pemkab Berau karena telah memberi dukunganyang luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, program vokasi sangat menjadi idola saat ini, sebab menjadi jawaban untuk mengimbangi pesatnya perubahan dunia industri. Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berkomitmen mendukung kampus yang menjalankan program vokasi ini.

“Politeknik Sinar Mas sudah melangkah dahulu, bukan hanya mengawinkan tetapi melahirkan. Kami sangat berbahagia kepada wisudawan dan wisudawati pertama karena apa yang diinginkan pemerintah sudah terbukti hari ini,” bebernya.

“Dengan hadirnya Politeknik Sinar Mas ini juga membawa perubahan yang baik. Tentu hal ini harus mendapatkan dukungan yang baik,” sambungnya.

Lebih lanjut, Arief Wiedhartono selaku Direktur PT Berau Coal mengatakan, peningkatan sumber daya manusia (SDM) sangat penting dan merupakan prioritas utama bagi pengembangan dan peningkatan suatu wilayah, upaya peningkatan sumber daya manusia menjadi tanggung jawab semua masyarakat di Kabupaten Berau. PT Berau Coal sebagai bagian dari masyarakat Berau  melalui Poltek Simas Berau Coal berkomitmen ikut serta dalam upaya peningkatan sumber daya manusia ini.

“Ilmu yang mahasiswa dapati juga bisa menjadi bekal untuk mereka mengamalkan ilmunya sesuai dengan bidangnya masing-masing,” jelasnya.

Agar SDM di Berau berkualitas dan dibutuhkan dalam dunia kerja, Poltek Simas Berau Coal memiliki visi menjadi politeknik unggul di Indonesia dalam bidang pengelolaan sumber daya alam berbasis teknologi terapan, terintegrasi dengan industri, untuk mewujudkan sumber daya manusia yang ahli, tersertifikasi, dan berdaya saing.

“Kami ingin SDM di Berau tidak dipandang sebelah mata. Maka dari itu, besar harapan saya para wisudawan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Berau dan Kalimantan Timur,” tambahnya.

Kendati demikian, dirinya berharap 79 wisudawan wisudawati yang lulus dapat menerapkan ilmu yang didapatinya dalam dunia kerja. Lalu juga dapat bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga juga mendapati pekerjaan yang baik dan sesuai dengan bidangnya,” tandasnya. (dez/adv)

15.9k Pengikut
Mengikuti