spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berpartisipasi lewat Program Sigap, PT Berau Coal Komitmen Tingkatkan Kesejahteraan Kampung


TANJUNG REDEB – Komitmen PT Berau Coal dalam mendorong kemajuan kampung terus terwujud melalui partisipasinya dalam program unggulan Pemerintah Kabupaten Berau, Pejuang Sigap Sejahtera. Sebagai bagian dari konsorsium program ini, perusahaan tambang tersebut bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kesejahteraan di berbagai kampung di Kabupaten Berau.

Koordinator Program Sigap Sejahtera, Hamzah, mengungkapkan bahwa 120 orang pejuang Sigap aktif melakukan pendampingan di berbagai kampung. Program Sigap ini telah berjalan selama hampir 5 tahun, dengan beberapa program pendampingan khusus di tahun 2023, salah satunya mendukung Basan Usaha Milik Kampung (BUMK) dengan fokus pada pengelolaan BUMK Produksi Coklat di Kampung Labanan Makarti yang dikenal sebagai Coklat Kulanta.

“Berau Coal memberikan kontribusi besar dalam pengembangan coklat kulanta ini,” ujar Hamzah.

Terbaru dari Pejuang Sigap Sejahtera adalah pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) untuk 13 kampung, seperti Sukan Tengah, Tumbit Melayu, Pulau Derawan, Giring-giring, Campur Sari, Biatan Lempake, Tubaan, Inaran, Labanan Jaya, Labanan Makarti, Bukit Makmur, dan Teluk Harapan.

BACA JUGA :  Wamenaker Apresiasi Upaya PT Berau Coal Kelola SDM dan SDA

SID ini tidak hanya berfungsi sebagai media publikasi tetapi juga sebagai alat untuk menginventarisir potensi kampung dan menyediakan pelayanan yang terintegrasi.

Hamzah kemudian menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh PT Berau Coal dalam mewujudkan program Sigap Sejahtera. “Kami ucapkan terima kasih banyak kepada Berau Coal, yang sudah banyak berkontribusi dalam perjalanan program Sigap Sejahtera,” ucapnya.

Cahyo Andrianto, General Manager Operation Support and Relations PT Berau Coal, menegaskan komitmen perusahaan dalam memajukan kampung-kampung dampingan. Program Sigap Sejatera menurutnya sejalan dengan tujuan perusahaan melalui program PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat).

“Karena program Sigap itu memang selaras dengan tujuan kita melalui program PPM,” ungkapnya.

Ia kemudian mengapresiasi program sigap yang dilaksanakan memberikan dampak pada peningkatan indeks desa di Berau. Diantaranya banyak kampung yang telah menunjukkan kemajuan kampung baik sebagai desa maju ataupun menuju desa maju.

“Beberapa desa sudah bisa menjadi desa maju dan menuju maju. Jadi menurut saya apresiasi untuk sigap di Berau dengan pendampingan 100 kampung yang juga diantaranya bersama kampung dampingan lingkar operasional PT Berau Coal,” jelasnya.

BACA JUGA :  Raih Penghargaan Anugerah Golden Award SIWO PWI 2023, Wujud Peran Besar PT Berau Coal Dukung Kemajuan Olahraga

Saat ini sendiri pihaknya tengah menyusun program dan berdiskusi dengan Pemkab Berau terkait gebrakan ke depan yang akan dilakukan bersama Sigap Sejahtera.

“Untuk ke depannya kita sedang diskusikan keberlanjutan program sigap, dan Berau Coal tentu siap bersinergi untuk mengoptimalkan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat di kampung,” pungkasnya.

Bupati Berau, Sri Juniarsih, mengapresiasi peran PT Berau Coal dalam membangun kampung-kampung melalui keterlibatannya dalam Pejuang Sigap Sejahtera. Ia menyatakan bahwa kehadiran PT Berau Coal telah memberikan bantuan yang berarti dalam pelaksanaan program Sigap di lapangan.

“Selama ini dengan hadirnya Berau Coal kita merasa terbantu, tentu kami sangat berterima kasih dan mengapreasiasi upaya dan dukungan tersebut,” ujarnya.

“Kami berharap, Sigap Sejahtera dan PT Berau Coal dapat bersinergi untuk menciptakan kampung-kampung yang maju dan mandiri, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membawa Berau ke arah yang lebih baik,” tandasnya. (adv/dez)

16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img