spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Demi Keamanan Wisatawan, Disbudpar Terapkan SOP di Labuan Cermin

TANJUNG REDEB – Salah satu destinasi wisata Berau, yakni Labuan Cermin hingga kini belum beroperasi sejak timbulnya buaya di danau dua rasa tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Samsiah Nawir mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan kunjungan ke Labuan Cermin dengan tujuan memastikan kesiapan dan keamanan pengunjung sesuai Standart Operating Procedur (SOP).

“Kami juga memastikan objek wisata tersebut dapat menerapkan SOP yang jelas. Pengelola seperti petugas jaga maupun untuk pengunjung,” tuturnya, Minggu (21/1/2024).

“Kita memastikan Labuan Cermin benar-benar aman. Kita tahu sendiri, masih ada ketakutan wisatawan yang ingin berkunjung. Jadi dengan penerapan SOP ini bisa menimbulkan rasa aman para pengunjung Labuan Cermin,” sambungnya.

Segala upaya penerapan SOP untuk keselamatan pengunjung akan dilakukan hingga destinasi pariwisata Labuan Cermin ini benar-benar resmi dibuka.

Adapun SOP yang disarankan oleh Disbudpar diantaranya, tindakan sterilisasi danau dari satwa berbahaya, memastikan tracking, toilet dan sarana umum dalam kondisi bersih, memastikan adanya tempat sampah juga dalam kondisi bersih.

BACA JUGA :  Menuju PON XX Papua, Tim Layar Kaltim Terus Berlatih di Berau

Selain itu, Disbudpar akan memastikan transportasi seperti perahu wisata dalam kondisi baik dan bersih, memastikan jadwal petugas jaga loket dan pemandu siap, memastikan alat-alat pengaman dan penyelamatan siap, memastikan semua sewa alat atraksi air dalam kondisi baik dan aman, dan juga petugas juga diwajibkan memiliki seragam.

“Di samping itu juga Harga Tiket Masuk (HTM) akan ditetapkan termasuk retribusi dan asuransi bagi pengunjung,” bebernya.

Samsiah menyebut, hingga persiapan tersebut matang, pihaknya kemudian akan membuka Destinasi Pariwisata Labuan Cermin tersebut secara resmi untuk umum.

Dirinya juga mengajak masyarakat yang rindu berwisata di Labuan Cermin untuk ramai-ramai berkunjung dan menikmati destinasi pariwisata andalan di Kecamatan Biduk-Biduk tersebut.

Samsiah berharap para pengunjung untuk tidak lagi takut berwisata di Labuan cermin. Mengingat Disbudpar tengah mempersiapkan lokasi wisata yang benar-benar aman dengan adanya petugas jaga yang bersiap di lokasi wisata tersebut.

“Semoga dengan upaya yang dilakukan akan membuka kembali wisata yang telah valum hampir 2 tahun ini. Masyarakat sekitar dapat merasakan manfaat dibukanya wisata tersebut,” tandasnya. (dez)

BACA JUGA :  Tingkatkan SDM Lokal, Perusahaan Diminta  Maksimalkan Kerja Sama dengan Lembaga Pelatihan
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img