spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tingkatkan SDM Lokal, Perusahaan Diminta  Maksimalkan Kerja Sama dengan Lembaga Pelatihan

TANJUNG REDEB – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau, Zulkifli Azhari meminta, seluruh perusahan yang ada di Kabupaten Berau untuk bekerja sama dengan lembaga pelatihan. Guna meningkatkan kemampuan tenaga kerja agar terus berkembang.

“Kami juga meminta perusahaan untuk lebih sering melakukan peningkatan SDM tenaga kerja agar bisa memenuhi kebutuhan pasar kerja,” ujarnya.

Di samping itu pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kualitas SDM tenaga kerja lokal di Bumi Batiwakkal. Hal dilakukan agar tidak kalah saing dengan tenaga kerja luar dan menjadikan tenaga kerja lokal menjadi pilihan oleh perusahaan ketimbang tenaga kerja luar.

Dijelaskannya, sepanjang tahun pihaknya rutin melakukan peningkatan tenaga kerja lokal. Baik yang sudah memiliki skill maupun masih belum memiliki skill sama sekali. Kurang lebih sekitar 100 pelatihan telah dilakukan sepanjang tahun 2023 ini. Mulai dari sektor formal maupun non formal. Yang jelas, kata dia, pelatihan tersebut memang dibutuhkan dan banyak dicari oleh perusahaan.

“Kita rutin melakukan pelatihan-pelatihan di sepanjang tahun 2023 ini,” ungkapnya.

Zulkifli berharap, pada 2024 mendatang, meningkatnya nilai APBD Berau 2024, meningkat pula jumlah pelatihan yang bisa diberikan kepada tenaga kerja. Di mana bisa berdampak pada penurunan angka pengangguran di Kabupaten Berau.

“Semoga sesuai harapan kita, dengan anggaran yang besar porsi untuk pelatihan juga meningkat dan kami bisa memfasilitasi lebih banyak tenaga kerja lokal,” harapnya. (Mnz)

Pewarta: Amnil Izza
Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img