spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

86 Orang Ditetapkan Sebagai Kades Terpilih, Sanggahan Hingga Sabtu

TENGGARONG– Sebanyak 86 orang ditetapkan sebagai kepala desa (kades) terpilih, hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kutai Kartanegara (Kukar), yang diselenggarakan pada Rabu (14/9/2022). Penetapan tersebut berdasarkan rapat pleno hasil perhitungan panitia tingkat desa.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar, Ariyanto, saat ini sedang berlangsung penyerahan berita acara penetapan kades terpilih dari panitia pemilihan ke masing-masing Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dari BPD kemudianĀ  ke camat untuk kemudian diserahkan ke Bupati Kukar.

“Kami akan memproses penerbitan SK (Surat Keputusan) kades terpilih yang akan dilantik,” ujar Ariyanto saat dikonfirmasi, Jumat (16/9/2022).

Ariyanto menyebutkan, proses penyerahan berkas berita acara masih terus berlangsung, dengan tenggat waktu paling lambat 26 September 2022 diterima masing-masing BPD.

Tingginya animo warga ikut pilkades serentak, dibuktikan dengan tingkat partisipasi pemilih yang mencapai 80-85 persen. Pesta demokrasi tingkat desa ini juga diklaim berjalan kondusif dan tanpa protes berlebihan, dari masing-masing calon kades yang dinyatakan kalah berdasarkan hasil rapat pleno.

Walau begitu, Ariyanto menyebutkan, mereka yang tak puas bisa melayangkan gugatan ke panitia pemilihan desa. GugatanĀ  diajukan dalam waktu 3 hari setelah perhitungan suara, atau 15-17 September 2022. Setelah itu, tidak akan diterima kecuali akan menyampaikan gugatan ke pihak lain, misalnya ke pengadilan.

“Kalau untuk kepanitiaan desa, kecamatan maupun kabupaten itu batasnya hanya tiga hari,” tegas Ariyanto.

Disebutkan pula, pelantikan serentak kades terpilih akan dilaksanakan pada 14 Oktober 2022, oleh Bupati Kukar. “Iya serentak, tapi mekanisme apakah di satu tempat atau beda tempat ini masih kita sesuaikan dengan keadaan nanti,” tutup Ariyanto. (afi)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img