spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

80 Persen Logistik Pemilu 2024 Sudah Diterima KPU Kubar

KUTAI BARAT – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Kutai Barat (Kubar),Arkadius Hanye, memastikan untuk seluruh logistik Pemilu 2024 yang telah   diterima ini mencapai 80 persen.

Yakni, baik surat suara , kotak suara, bilik dan alat coblos hingga formulir pengisian suara. Arkadius Hanye menyebutkan, ada 24 item perlengkapan atau logistik Pemilu yang diserahkan oleh KPU RI dan KPU provinsi Kaltim.

“Kalau logistik Pemilu ini prinsipnya tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasaran. Kemudian kualitas dan tepat anggaranya. Dari semua itu kurang lebih ada 24 item,” terang Arkadius kepada MediaKaltim di Kubar, Minggu (7/1/2024).

Arkadius Hanye menyebutkan, khusus untuk kertas suara KPU  Kabupaten Kutai Barat (Kubar) sudah menerima sebanyak empat jenis. Yaitu, surat  suara pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara pemilihan anggota DPR RI, DPRD provinsi Kaltim,dan surat suara pemilihan anggota DPRD Kabupaten kota. Sedangkan untuk kertas surat suara pemilihan anggota DPD, masih dalam pengiriman.

Adapun jumlah kesluruhan kertas suara yang diterima di KPU Kutai Barat,sebanyak 639.515 lembar. Dengan rincian daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 125.137 pemilih ditambah 2 persen per TPS ,di mana jumlah TPS ada 532 titik.

“Jadi kalau jumlah surat suara untuk masing – masing jenis pemilihan kurang lebih kebutuhanya adalah 127.903. Perhitungannya ini dari jumlah kita 125.137 ditambah 2 persen per TPS. Dibulatkan ke atas baru diglobalkan jadinya 127.903 dan untuk 5 jenis pemilihan. Berarti surat suara yang akan dibuat dan kita kelola di Kabupaten Kutai Barat untuk semua jenis pemilihan ini kurang lebih 639.515,” bebernya.

Saat ini semua logistik Pemilu sudah ditempatkan pada dua gudang dan diawasi ketat oleh pihak Kepolisian (Polres) Kubar,serta tim pengamanan KPU Kubar. Selanjutnya untuk distribusinya ke TPS akan dilakukan mulai H-5 jelang penceblosan atau paling lambatnya tanggal 9 Februari 2024 mendatang.l.

Pewarta:Ichal

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img