spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

323 Peserta dari 17 Provinsi Ikuti Sayembara Logo MTQ Nasional Tahun 2024

SAMARINDA – Sejak diumumkannya Sayembara Disain Logo Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke 30 Tahun 2024, jumlah peserta yang sudah mendaftar melalui link Google Form tercatat sebanyak 323 orang.

Sedangkan total pendaftar yang sudah mengirimkan karya logo dan kelengkapan berkas ada 76 peserta. Angka tersebut terhitung mulai 1 Desember 2023 hingga 28 Desember 2023 pukul 12.20 Wita.

Jauhar Efendi, sebagai salah satu anggota Dewan Juri menyatakan bahwa semula batas waktu pendaftaran dan pengiriman karya desain ditutup tanggal 23 Desember 2023. Namun mengingat membuat desain logo harus memerlukan riset dan lain-lain, maka para Dewan juri yang diketuai Ir. Hadri sepakat untuk memperpanjang waktu pendaftaran dan pengiriman karya disain logo hingga tanggal 5 Januari 2024.

“Alhamdulillah, berdasarkan hasil rekapitulasi dari staf  Sekretariat Sayembara Logo MTQ Nasional Tahun 2024, jumlah karya desain logo yang sudah dikirim dan diterima sebanyak 76 peserta. Mereka berasal dari 17 provinsi di Indonesia,” ungkap Jauhar dalam keterangan persnya, Kamis (28/12/2023).

Selain peserta dari tuan rumah Kaltim, peserta lain berasal dari Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Riau, Banten, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Aceh, dan Provinsi Sulawesi Selatan.

Jauhar menambahkan, Dewan Juri yang terlibat mewakili berbagai unsur. Ada unsur LPTQ, akademisi, tokoh masyarakat, unsur dari Kementerian Agama Pusat, unsur profesi dan unsur dari Kanwil Agama Provinsi Kaltim.

“Mereka merasa puas, karena cukup banyak antusiasme peserta yang mendaftar serta tersebar dari berbagai Provinsi di Indonesia,” kata Jauhar.

Disinggung terkait provinsi mana yang paling banyak mengirimkan karya disain logo MTQ Nasional, Jauhar menyebutkan untuk sementara adalah Provinsi Jawa Tengah. Disusul Jawa Timur.

“Sedangkan Kaltim dan Jabar menduduki urutan  ketiga mengirimkan karya terbanyak,” lanjut Jauhar.

Dikatakan, setelah Dewan Juri melakukan rapat awal tanggal 21 Desember 2023, Dewan Juri sepakat melakukan penilaian secara maraton, mulai hari ini (28/12/2023) dan puncaknya akan dilakukan Rapat Pembahasan secara pleno setelah penutupan pendaftaran dan penyampaian karya Desain Logo MTQ Nasional pada tanggal 5 Januari 2024.

“Demikian hasil kesepakatan rapat Dewan Juri,” pungkas Jauhar.

Penanggungjawab Sayembara, Sekda Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni yang juga sekaligus sebagai Ketua LPTQ Kaltim, mengingatkan kepada para Dewan Juri agar dalam melakukan penilain berlaku secara fair.

Sri Wahyuni menambahkan, melalui sayembara ini maka gaung MTQ Nasional XXX, Tahun 2024, di Kalimantan Timur, sudah mulai kedengaran di seantero Nusantara. (rls)

Editor : Nicha R

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img