spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

171 Peserta Adu Skill Panjat di NSCC Bupati Cup Kutim, Siap Naik Level Indonesia Open

SANGATTA – Sebanyak 171 pemanjat dari 14 Provinsi di Indonesia mengikuti Kejuaraan National Sport Climbing Competition (NSCC) Bupati Cup III Kutai Timur (Kutim) 2023. Kejuaraan tersebut dibuka langsung Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman di Arena Panjat Tebing Bukit Pelangi, Sabtu (25/11/2023) sore. Hadir dalam pembukaan yakni Sekjen FPTI Pusat Florenciano Henricus Mutter, Ketua FPTI Kaltim Misbachul Choir, perwakilan KONI Kaltim, staf Ahli Bupati Kutim Roma Malau, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi Iskandar, Perwakilan Forkopimda, Dirut Perundam Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, Ketua KONI Kutim Rudi Hartono, Ketua FPTI Kutim Basuki Isnawan, Perwakilan Bank Kaltimtara hingga tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ardiansyah menyampaikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan olahraga di Kutim. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya turnamen yang dilaksanakan dan dikemas dalam bentuk Piala Bupati Kutim.

“Insyaallah ini adalah piala bupati yang ke-12 kalau tidak salah untuk tahun ini. Dari beberapa cabang olahraga (cabor) yang kita lakukan sejak tahun lalu. Salah satunya ada yang bertarap internasional yaitu lomba mancing yang pesertanya terbanyak se-Indonesia sehingga mendapatkan Rekor MURI,” ucapnya

BACA JUGA :  Harganya Murah, Warga Sangatta Utara Pilih Jadi Bandar, 21.000 Butir Double L Disita

Selanjutnya, ia memberikan apresiasi kepada FPTI Provinsi Kaltim, FPTI Kabupaten Kutim, Panitia Pelaksana dan para juri serta pembuat jalur yang telah bekerja maksimal sehingga Kejuaraan NSCC Bupati Cup III Kutim tahun 2023 bisa terlaksana dengan baik.

“Atas nama pemerintah nampaknya saya harus mengapresiasi keinginan FPTI Provinsi Kaltim untuk menjadikan Kutim sebagai tempat pelaksanaan Kejuaraan Indonesia Open,” ucapnya.

Sementara, Sekjen FPTI Pusat Florenciano Henricus Mutter mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ardiansyah yang telah melaksanakan Kejuaraan NSCC Bupati Cup III Kutim 2023. Karena Kaltim merupakan salah satu tulang punggung panjat tebing Indonesia.

“Ini merupakan satu kompetisi dengan hadiah terbesar untuk tingkat nasional di tahun 2023. Kompetisi ini juga masuk di dalam peringkat nasional Indonesia yang akan mempengaruhi peringkat-peringkat atlet Indonesia di tahun 2024 nanti,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua FPTI Kaltim Misbachul Choir mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mensupport setiap kegiatan panjang tebing di Kutim. Hal itu menjadi penyemangat bagi FPTI Kaltim untuk bergerak cepat dalam memajukan olahraga panjat tebing.

BACA JUGA :  Lom Plai, Kearifan Lokal Wehea Bernilai Multiplier Effect

“Kalau memang dari Kutim bersedia dan siap menjadi tuan rumah Indonesia Open. Insyaallah desember nanti ada Munas dan Raker akan coba kami sampaikan. Mudah-mudahan DPP FPTI mendukung dan bersedia menjadikan Kutim sebagai tempat pelaksanaan Indonesia Open,” harapnya.

Senada, Ketua FPTI Kutim Basuki Isnawan menyampaikan bahwa di Porprov Berau, FPTI Kutim berhasil meraih juara umum dengan mengumpulkan 8 medali emas. Hal itu menjadi suatu kebanggaan dan tidak lepas dari dukungan pemerintah dan KONI Kutim. Selain itu, Ia juga menyampaikan apabila diberikan kesempatan, FPTI Kutim siap menjadi tuan rumah Indonesia Open.

“Venue yang kita miliki ini salah satu yang terbaik di Indonesia. Tentunya ini menjadi tantangan bagi kita semua khusnya atlet panjat tebing Kutim untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Kutim, Kaltim dan Indonesia,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Aji Fahriza Hakim melaporkan bahwa Kejuaraan NSCC Bupati Cup III Kutim 2023 akan dilaksanakan dari tanggal 24 November hingga 1 Desember 2023. Total hadiah yang dipersiapkan panitia sebesar Rp 300 juta dan menjadi kejuaraan terbesar untuk skala nasional tahun ini.

BACA JUGA :  Darsafani Harap Festival Sekerat Nusantara Jadi Ajang Promosi UMKMĀ 

“Kejuaraan ini diikuti 171 pemanjat dari 14 Provinsi di Indonesia. Melombakan tiga kategori yakni open, regional Kalimantan, dan khusus lingkup Kutim,” singkatnya.(Rkt)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img