spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

World Clean Up Day 2023, Edukasi Masyarakat Lewat Aksi Bersih-bersih

BONTANG – Dalam rangka merayakan World Clean Up Day, PT Badak LNG menggandeng kelurahan Satimpo dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk aksi bersih-bersih di Lapangan HOP I, Minggu (10/9/23).

Selain perusahaan dan dinas terkait, peserta aksi bersih-bersih juga mengajak beberapa bank sampah dan aktivis lingkungan yang Kota Bontang. Pemilihan lokasi lapangan sebenarnya di Kampung baru, namun karena sudah ada yang melakukan aksi bersih-bersih juga jadi dipindahkan.

PJ Senior PT Badak LNG,  Pandu Wijaya Perwira mengatakan bahwa kegiatan ini bukan hanya dilakukan sebagai kegiatan tahunan, tapi memang sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan kebersihannya.

“Ini juga sekaligus mengedukasi masyarakat agar memiliki kesadaran untuk berpartisipasi menjaga lingkungan,” jelasnya.

Kegiatan ini dilakukan orang 15 ribu partisipasi seluruh Bontang yang dilakukan di wilayah berbeda dan diselenggarakan oleh perusahaan atau dinas yang berbeda.

Kegiatan ini akan berpuncak pada tanggal Sabtu (16/9/23) dengan melibatkan seluruh sekolah. Syakhruddin selaku Penyuluh DLH mengatakan telah menyurati mereka untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih tersebut.

Ia juga mengatakan sampah akan di pilah oleh DLH, “Nanti sampah akan diberikan ke kami dan kami pilah, mana yang bisa di olah dan yang tidak, yang tidak nanti kita angkut ke TPA,” bebernya.

Lurah Satimpo, Maryono mengatakan Lapangan HOP I dipilih jiga karena lokasi yang dapat dilihat oleh warga yang berlalu lalang, sehingga sekaligus edukasi untuk mereka.

“Jadi mereka dapat melihat kegiatan ini dan setelah itu bisa mengaplikasikan bersih-bersih di lingkungan sekitar mereka,” ujarnya.

Selain perusahaan, dinas dan komunitas, warga Satimpo mulai dari ketua RT hingga masyarakat dan pegawai kelurahan ikut turun melaksanakan aksi bersih-bersih World Clean Up Day 2023.

“Kami bersyukur wilayah Satimpo minim sampah, jadi kegiatan tujuan utamanya memang edukasi,” tutupnya.

Penulis: Syakurah
Editor: Nicha Ratnasari

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
16.4k Pengikut
Mengikuti
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img